Mendoakan Orang Lain

prayAda kisah tentang seorang pengusaha sukses jatuh di kamar mandi dan akhirnya stroke selama tujuh hari. Dalam mimpinya, pengusaha itu dihampiri oleh Malaikat yang mengatakan, “Kalau dalam waktu 24 jam ada 50 orang berdoa buat kesembuhanmu, maka kau akan hidup dan sebaliknya jika dalam 24 jam jumlah yang aku tetapkan belum terpenuhi, itu artinya kau akan meninggal dunia!”

Lanjutan kisahnya dapat dibaca di blog lain dengan menggunakan Google. Kalau Anda search dengan keyword “mendoakan orang lain”, yang muncul sebagian besar adalah website/blog kaum Muslim. Yang menarik, kalau Anda search dengan keyword “doa untuk orang lain”, maka yang muncul sebagian besar adalah website/blog kaum Nasrani.

Dulu, sebelum saya membaca kisah pengusaha itu, saya pernah ditanya oleh guru saya, “Mas, sudah berapa banyak membacakan doa untuk orang lain baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal ? Misalnya seperti tetangga sebelah atau pengemis”.

Pertanyaan yang sederhana, tetapi saya rasakan sebagai tamparan halus. Ah, ternyata selama ini saya hanya berdo’a untuk orang tua, keluarga, leluhur dan diri sendiri. Malahan lebih banyak yang untuk diri sendiri.

Sambil menahan malu, saya jawab “Ya paling-paling kalau ada kerabat yang meninggal, tahlilal sambil mendo’akan almarhum”. “Betul, dan sebagian besar memang hanya menjawab seperti itu”, kata guru. “Cobalah mendoakan orang lain, karena pahala dan manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan dengan mendoakan diri sendiri atau keluarga”, lanjutnya.

Sesampainya di rumah, saya cari ayat Qur’an atau Hadist yang menunjang ungkapan guru tersebut. Bacaannya sebagai berikut :

Barangsiapa memintakan ampunan bagi orang mukmin laki-laki dan perempuan setiap hari 27 kali, maka dia termasuk orang-orang yang do’anya diterima Allah dan penduduk bumi diberi rezeki oleh Allah karena mereka.” (HR. Thabrani)

Sebetulnya masih ada satu hadist lagi, yang isinya lebih bagus dari tersebut diatas, tetapi sampai dengan artikel ini ditulis, masih belum ditemukan. Nanti kalau sudah ditemukan, akan saya update-kan di sini.

Pernah juga saya menanyakan kepada guru, “Mengapa banyak para sesepuh yang linuwih, tetapi malah menyepi di puncak gunung, tidak mau membantu orang lain ? Apakah mereka bukan termasuk orang-orang yang egois, hanya mencari surga untuk dirinya sendiri ?” Dengan senyumnya yang khas, guru menjawab, “Jangan salah Mas, mereka itu juga berdo’a untuk kita-kita ini. Mereka mendo’akan seluruh umat di dunia, apapun agamanya, seperti yang dilakukan oleh para wali dan Nabi.”

Dikemas oleh : Lambang (http://islamabangan.wordpress.com)

About these ads

6 Responses to Mendoakan Orang Lain

  1. unduk says:

    Jujur, saya terkesan dengan artikel ini.
    Sangat menggugah hati.
    Semoga mas Lambang banyak didoakan oleh orang lain.
    Amiiiin

  2. Insan says:

    ^_^ yuk.. kita saling mendoakan…

  3. Lambang says:

    @unduk & @Insan,

    Terima kasih atas comments-nya. Semoga Allah melimpahkan baraqah dan rahmat-Nya untuk Pak unduk dan Pak Insan.
    Salam.

  4. tomy says:

    sering kita hidup hanya terpusat pada diri sendiri, soliter tidak solider :cry:

  5. frozen says:

    senang saya mbacanya, :-)

  6. batjoe says:

    saya suka sekali artikel diatas mas lambang yahud abis padahal klik disini tapi koment dulaunnya diartikel yang baru abiz dikerjar teruz ma botol iji dan mas ton dan sekaragn ada pengemar baru lagi..
    ayo bagaimana dengan si burung pipit heheheheeh

    ======================
    :: Hehehe… dia marah habis2an lho kalau dipanggil burung pipit… :)
    ======================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: