Halaman Introspeksi

Ternyata besok saya harus segera berangkat ke luar Jawa. Masuk ke pedalaman. Jauh dari keramaian dunia, jauh dari televisi, pasar, apotik, dan juga jauh dari jaringan broadband dan 3G. Yang ada hanya warung-warung kecil dan jaringan GPRS yang ogah-ogahan. Komunikasi lewat email tetap masih bisa dilakukan walaupun dengan quota yang terbatas. Dengan adanya kenyataan ini, mau tidak mau, kegiatan browsing dan blogging terpaksa dihentikan untuk sementara. Tidak mungkin bisa aktif berselancar dengan hanya mengandalkan fasilitas GPRS.

Sedih rasanya meninggalkan blog yang baru berumur sekitar dua bulan ini. Belum jelas dia akan ditinggalkan berapa lama. Mungkin hanya dua minggu, satu bulan, atau sampai proyek selesai sekitar satu tahun lagi.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para tamu yang berkunjung apabila ada komen yang tidak berbalas dan tidak ada postingan baru berhubung saya harus meninggalkan blog ini untuk sementara. Aktifitas blogging mungkin masih saya lakukan, tetapi sangat minim.

Saya berusaha mengambil hikmah yang positif dari perjalanan blogging ini. Dari pengamatan saya, ada blogger yang dapat berbagi dengan senang hati. Ada juga yang senang berargumen dan berusaha mengalahkan “lawan bicaranya”. Ada yang hanya menjadi tukang komen. Ada yang emosional. Ada merasa pandai dan menguji orang lain dengan berbagai pertanyaan. Ada yang sudah merasa jadi ahli surga. Ada yang menggunakan berbagai bahasa asing dan bahasa awang-awang. Yah… bermacam-macam sifat muncul di sini. Dari pengamatan ini saya dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya tidak ada bedanya antara dunia maya dan dunia nyata. Berbagai ragam sifat dan sikap dapat muncul dimana-mana setiap saat.

Di tempat tujuan yang terpencil itu saya akan berusaha merenungkan kembali apakah perjalanan browsing dan blogging ini dapat memberikan manfaat bagi saya atau tidak. Ratusan jam yang selama ini terbuang percuma (hah…. terbuang percuma?😯 ) untuk browsing, ngeblog, baca komen, baca RSS, baca mailing list, massive download, pasang komen, join YM, image editing, programming dan lain-lain urusan di depan layar komputer ini, ternyata akan dikembalikan oleh Tuhan ke kejadian awalnya, seperti beberapa puluh tahun yang lalu, pada saat saya masih bisa menikmati hidup tanpa gangguan daya tarik digital yang meresap dan mengganggu seluruh jiwa saya. Teknologi digital ini kadang seperti setan. Menjerumuskan saya ke arah yang tidak jelas. Belakangan saya baru sadar bahwa komputer ternyata telah membuat saya tidak ramah lingkungan. Membuat ego saya meningkat. Komputer juga telah membuat saya memburu informasi, padahal informasi yang diperoleh belum jelas apa manfaatnya dan kapan akan dimanfaatkan. Nyampah di hard disk. Satu terabyte begitu saja penuh dengan berbagai informasi yang akhirnya sulit di-index dan di-akses kembali. EXE file, audio, video, database, script, templates, dan berbagai file type lainnya.

Setelah pulang dari perenungan diri ini, mudah-mudahan saya akan mendapatkan kesadaran tinggi, apakah akan terus bermain dengan dunia digital, atau lebih fokus ke dunia spiritual. Tidak mungkin dua-duanya bisa berjalan beriringan, karena yang satu mementingkan ego, yang satu menurunkan bahkan menghilangkan ego.

(table deleted… save space… green world)

Untuk sementara, hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan saya dapat aktif lagi pada beberapa bulan yang akan datang. Sebetulnya saya sudah kecanduan browsing dan blogging. Ada kenikmatan tersendiri pada saat merasa memiliki kebebasan tanpa batas untuk menjelajahi dunia luar padahal kenyataannya terkungkung oleh dinding kamar.

Salam sejahtera untuk para pengunjung.

punggung gatel

(* garuk-garuk dulu, menghilangkan efek candu *)

9 Responses to Halaman Introspeksi

  1. posting saya cuma 29 menurut mbah google? aslinya ada 95 lho…

  2. selamat jalan dan sampai jumpa kalo gitu.

    kalo diskusinya mau dilanjutkan lewat imel ya monggo, cuma seperti anda sudah perhatikan, saya ga selalu bisa cepat merespon, sekarang sibuk beneran hiks

  3. sitijenang says:

    wah masuk pedalaman. ditunggu hasilnya…😎

  4. Hoiiiiiiiiihhhhh Kang,
    arep nandi sampeyan??? TOPO BROTO tah??
    Gitu saja kok ndadak rep mlebu neng ALAS toh???

    lah aku barusan wae METU SOKO ALAS kok malah sampeyan rep MLEBU ALAS…

    Ati2 Kang,,,neng alas okeh NYAMUK-e….

    Mugo2 ketemu opo sing dadi KAREP LAKUMU Kang…

  5. tomy says:

    sugeng tindak sugeng bertugas

  6. Selamat bertugas, teriring do’a semoga selalu dilindungi olehNya, dilancarkan semua urusannya dan diberi hati yang ikhlas, sabar dan bijak.
    amien..

  7. kangBoed says:

    weleh weleeeeeh…. wakakakakakak mo ngelmu yaaaaa ikuuuuuuuuuuut dong… wah dah pergi topo brooooto yayayaya…. titiiiip bidadarinya ajaaaaaaa… hiiik hiik hik… mas lambaaaaaaang masuk hutan mana sih koook gak ada cuma ada orang utan ooo hihihi salah alamat toooh….

  8. Lambang says:

    @kang jenang;
    @kang gundul;
    @mas tomy;
    @mbak tina;
    @kang boed;

    Salam sejahtera. Semoga teman2 selalu mendapat limpahan rahmat-Nya. Maaf ga bisa komen panjang2, jarinya kusut bikin reply dari HP. Maklum, jarinya segede jempol semua.

    Salam.

Leave a Reply

