Ahlussunnah wal Jamaah

Ahlussunnah wal JamaahNabi Muhammad pernah bersabda bahwa Islam akan pecah menjadi 73 golongan, dan hanya satu yang masuk surga yaitu “Ahlussunnah wal Jamaah” (pada HR. Abu Daud dan Tirmidzi disebutkan yang masuk surga itu adalah Al-Jamaa’ah). Hadist ini masih mengundang polemik, dan ada bahasan tentang permasalahan sanad yang dijelaskan di sini.

Arti dari “Ahlussunnah wal Jamaah” kurang lebih adalah mengikuti Qur’an dan Hadist. Yaitu mengikuti teladan para sahabat, tabiin dan ulama-ulama yang tidak pernah merubah dan membuat hal-hal yang baru dalam agama Allah.

Bagi saya polemik tentang hadist ini tidak terlalu penting, tetapi yang terpenting adalah kalimat  “mengikuti Qur’an dan Hadist“.

Saya tersentak kaget. Buru-buru lihat rak buku, mencari sudah ada berapa hadist yang saya miliki. Ah, ternyata hanya ada “1100 Hadits Terpilih oleh Muh. Faiz Almath”, “Himpunan Hadits Shahih Bukhari oleh Achmad Sunarto”, “Asbabun Nuzul”, dan Hadist Digital.

Oh….. jadi sudah jelas bahwa saya tidak termasuk golongan Ahlussunnah wal Jamaah. Padahal kemarin dulu pingin beli kitab Hadist Bukhari Muslim di Gramedia, ternyata ada tiga jilid dan harga per jilid 3oo ribu rupiah. Ukuran buku A3 dan ketebalannya tidak kalah dengan buku telepon.
*padahal punya buku saja tetapi tidak dibaca dan diamalkan sudah jelas ngga masuk golongan itu juga*

Oh….. jadi gimana dengan mereka-mereka yang hanya bisa mengumpulkan 10 s/d 50 ribu rupiah per hari, dan selalu habis hanya untuk makan saja.
Tidak adakah dispensasi untuk mereka-mereka itu ya Allah? Termasuk juga untuk saya yang masih belum bisa beli Hadist di Gramedia itu?

Oh….. ya sudahlah….. terserah Engkau saja ya Allah….. Ya Rohman….. Ya Rohiem…..

*jadi pingin tahu hadistnya pak Kiai yang diujung gang itu ada seberapa lengkap ya… jangan-jangan…*

27 Responses to Ahlussunnah wal Jamaah

  1. Filar Biru says:

    lo lo lolo

    kok postingan kamu rada2 mirip dengan punya ogut ya heheheh

    tapi tak apalah namanya juga postingan tentu banyak yang mirip.

    salam

    • Lambang says:

      Memang ada kalimat yang mirip “Ya sudahlah…”:mrgreen:
      Tapi isinya beda jauh kan? Nabi Isa vs Hadist. Judulnya juga beda.

      *mumpung kalimat itu belum diberi tanda TM*

  2. Yudi says:

    Maaf ya mas Lambang, untuk artikel ini yudi puasa komen dulu. Kelihatannya saya nol puthul di bidang ini, mending nikmatin komentar kawan-kawan saja. Sukses mas Lambang.

  3. KangBoed says:

    hehehe.. sungguh apalah artinya.. dari setiap golongan ada yang terpilih sedikit yayaya sedikit sekali.. merekalah yang sungguh sungguh tawakal dan berserah diri dalam sungguh penyerahan diri dalam tiket laa hwalla walla quwoto..
    Salam Sayang
    Salam Rindu my braathaaaaaaaar..😆

    • Lambang says:

      Hehehe… Jadi kita daftar ke golongan yang mana Kang? Golongan narsis n’ nggilani aja gimana?
      Atau golongan band mabok bae… Niruin gayanya Guns n’ Roses…

      Cayam Cayang.

    • KangBoed says:

      pokoke saya sih siap aja mau di ajak sampeyan kemana aja.. ituuuuuuuut.. pokoke apa kata my brathaaaaaar..:mrgreen:

      Salam Sayang
      Salam Rindu untukmu😆

      *Mas Maren kirim gambar pesanan sampeyan*
      *:mrgreen: di HENING MALAM:mrgreen: *

  4. wah, bukunya masih tergolong mahal juga, termasuk buat saya, mas lambang, hehe …. hmm … ttg ahlussunah waljamaah sendiri sepertinys banyak juga kelompok islam yang mengklaim dirinya sebagai pengikut ahlussunah waljamaah. jujur saja, saya masih suka bingung juga!

    • Lambang says:

      Sama mas, saya juga masih bingung. Saya ini ngakunya Islam tapi hadist aja cuma punya Himpunan Hadist… hihihi… malu-maluin.:mrgreen:

  5. guskar says:

    mas lambang, bukankah lebih baik kita mengamalkan sunnah Rosul meskipun baru sedikit, daripada numpuk2 koleksi hadist di rak buku tapi nggak dibaca apalagi diamalkan?
    *ini refleksi diri saya, cuma (masih) jadi kolektor buku hadist saja*

    • Lambang says:

      Setuju mas. Memang masih jauh panggang dari api. Tadi aja masih sempat ngelapin debu yang nempel di Al-Qur’an. Ketahuan kalau jarang dibuka.

      *menghibur diri: Buka Al-Quran / Hadist digital dan MP3 version jauh lebih nyaman daripada buka kitab*

    • salman says:

      mengamalkan tanpa membaca tak akan bisa,.,.

      ==========================
      Lambang:
      Bisa iya bisa juga tidak…😉
      ==========================

  6. Yudi says:

    Assalamu’alaikum mas Lambang (cece-ilah,hihiii). Gini mas, yudi ini khan sudah rada miring, lha wong keseharian ngasisteni bos yang profesinya ngotak-otik harta karun warisan Bunda Eva hehe… Setelah baca inti Ajaran Islam yang dipost ini, Yudi serasa bukakan pintu buat Tamu Hidayah. Tapi masih ada yang saya tanyakan mas. Di atas ditulis arti Ahlusunnah Waljamaah itu mengikuti al-Qur’an dan Hadist, yaitu mengikuti teladan Sahabat Nabi Muhammad, Tabiin, dan Para Ulama. Dipostingan mas Lambang lainnya ada yang nginfokan kalau banyak Pemuda Arab yang berlaga di kawasan Cianjur. Pertanyaan saya, apakah dengan semakin banyaknya Pemuda Arab yang berbondong-bondong ngontrak Mojang Cianjur itu sebagai pertanda Qur’an dan Hadist itu meredup popularitasnya justru di daerah asal kitab itu diturunkan. Karena setelah saya search di internet koq ndak ketemu Tabiin yang meneladani kawin kontrak itu. Atau jangan-jangan pemuda-pemuda Arab itu sebelum masuk aliran Islam ke 74 ke Cianjur dulu untuk berhura-hura. Ohya sekiranya ada komen saya ada yang tidak patut silahkan direject mas Lambang.

  7. Lambang says:

    Wa’alaikum salam WR WB mas Yudi.
    *kebiasaan buruk saya, salam koq disingkat WR WB*

    Saya ngga bisa kasih pendapat apakah AQ dan HR itu sudah meredup di asal kitab diturunkan, karena kembali lagi perlu survey dan data statistik. Tapi kalau melihat perlakuan terhadap para TKI dan TKW kita, kemudian kelakuan pemuda Arab yang kawin kontrak di Cianjur, kemudian perkosaan jemaah haji di Mekkah, terkesan ada penurunan keimanan pada sebagian orang di sana. Hanya sebagian lho dan berapa persennya ngga tahu. Sebagian besar kasus yang muncul selalu ada hubungannya dengan sex.
    Lain halnya di Indonesia. Ada copet dibakar, ada anggota Dewan bikin filem porno, ada anggota KPK bikin affair, ada Syekh ngawinin anak-anak, ada laskar bakar tempat perjudian, ada metromini ngebut kecebur danau, ada tawuran bakar gedung, ada pejabat korup, ada Fatwa ngawur, ada politik dagang sapi capres, ada PSK dibiarin mati tenggelam, ada anak jalanan diperkosa, ada prostitusi terbuka di koran, ada artis umbar dada dan paha, ada wanita berjilbab pacaran mesum, dll. Kasus di Indonesia lebih beragam. Bukan hanya masalah sex, tapi masalah empati dan kemanusiaan sudah rusak semua. Sudah tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Mana yang merugikan orang lain mana yang tidak.
    Indonesia jauh lebih rusak. Jadi sebenarnya yang perlu sorotan tajam adalah kelakuan sebagian pemeluk Islam yang ada di Indonesia. Bukan sebagian orang-orang Arab itu.
    Benarkah mereka sudah menjalankan ajaran Islam dengan benar? Wallahu’alam.

  8. Yudi says:

    Subhanallah sungguh sangat mencerahkan penjelasan mas Lambang ini. Saya nyesel kenapa yang kemarin komen-komen saya di seputar promosiin berbegituan. Menurut ajaran ahlussunnah waljamaah orang yang berlumuran dosa dan dijebloskan ke neraka masih berpeluang hidup berfoya-foya di sorga?

    • Lambang says:

      Kalau udah dijebloskan mah ngga ngga bisa balik lagi.
      Tapi kalau berpeluang dijebloskan, mudah-mudahan mendapat hidayahnya sehingga bisa foya-foya sama 72 bidadari itu.

      Buat yang sudah level advanced, surga dan neraka itu hanya perumpamaan. Hanya ilusi dan imaginasi. Gimana penjelasan detailnya silahkan tanya yang sudah tingkatan ma’rifat dan tasawuf. Mudah-mudahan ketemu yang asli, soalnya yang aspal juga banyak.

      Kalau saya sih baru tingkatan Islam Abangan. Kadang abang kadang ijo. Apalagi kalau lihat yang asik-asik, tergantung mood…

  9. Download Software AL-QUR’AN Pro Ver. 3.0
    Al-Qur’an lengkap 30 juz ( 114 Surat + teks & terjemahan (Arab/English/Indonesia))
    Tafsir Quran Lengkap, Penunjuk waktu sholat, 21 bahasa terjemahan Al-Quran, Al-Qur’an Audio with Voice of Shaikh Sudaish (Imam Mecca).
    Download Gratis Sekarang . Link Download http://www.ziddu.com/download/3082887/Al-QuranProVer.3.0.exe.html

  10. Intan says:

    Olah raga lapangan cilik, cabang olah raga baru ya? atau ini olah raga khusus kaula islam abangan. Jadi kepingin tahu kayak apa sih….

    ==============================
    Lambang:
    Itu olahraganya Mas Yudi.
    Bisa tanya langsung ke beliau.

    ==============================

  11. Lambang says:

    Mas Yudi,

    Setelah ada komen mbak Intan itu, saya baru sadar bahwa saya harus flashback dan ternyata memang harus segera bersih-bersih. Isi posting dan komen harus disesuaikan dengan tema dan judul blog.
    Untuk sementara komennya saya tarik dulu semua, nanti akan saya munculkan kembali setelah di-review dan sebagian ada yang di-edit.

    Kalau blog saya yang satunya sudah layak tayang, nanti mas Yudi akan saya undang ke blog itu yang tema-nya lebih general.

    Salam.

  12. Yudi says:

    Iya ndak papa, tadi yudi lihat mas Lambang bersih-bersih komen.

    Ini gara-gara si intan, padahal komen dia malah lebih parah, ngece Tuhan, masyak dibilang intan tulis di sorga adam hawa kerjaannya maen elus melulu.

    ==============================
    Lambang:
    Sepertinya sih ngga ngece, wong cuman ngelus saja koq
    ==============================

    Maafin yudi ya mas, kebetulan kok pas banget pasien bos mbludak tiga hari ini.

    Darimana kalian tahu operasi permak mrs.v di sini tempat mangkalnya, sebagian besar mereka tahu dari islamabangannya mas lambang.

    ==============================
    Lambang:
    Lah koq bisa? Padahal kan tidak mencantumkan nama dan alamat si boss?
    ==============================

    Wah bakal sibuk bolak-balik bawain aqua buat ngambilin air wudhu….si hehehe..trim ya mas. Sampai jumpa.

    ==============================
    Lambang:
    Siiip lah. Bolak balik bawain aqua sambil tingak tinguk. Entar kalau udah santai, silahkan mampir lagi.:mrgreen:
    ==============================

    • Lambang says:

      Dah selesai ngepel rumahnya.
      Sebagian komen ada yang dihapus, ada yang di-edit, ada yang masih sesuai aslinya.
      Ternyata kusut juga yah ngepel komen itu. Urutan komen jadi ngga nyambung kalau ada satu yang dihapus.

      Oke mas Yudi, silahkan dilanjut.
      Kalau ada komen yang OOT (out of topic) masuk saya ke halaman diskusi. Di sana lebih bebas ngobrol apa saja, asal bukan yang parno dan esmosi…

  13. kawanlama95 says:

    ya moga si mas bisa beli nanti. insya Allah Salam kenal ya

    ==============================
    Lambang:
    Terima kasih mas/mbak. Mudah-mudahan kalau sudah punya, masih sempat juga membaca dan memahaminya.
    ==============================

  14. Yudi says:

    Jadi ngerepotin tuan rumah, abis tamunya jorok sih. Tapi mohon dimaklumilah, walau Yudi ngedriver Jaguar, tapi tetap saja sopir, apalagi sopir harian (SH), hawanya mesti Jamu Kuat es-ha biar ndak ngantuk dijalan, hehe. Tapi saya masih kepikiran dengan nasib kawula alit yang keceplung ke neraka itu, yang menurut mas lambang ndak ada harapan diampuni hingga sempat ber indehoy dengan salah empat dari ke 72 bidadari itu.

    ==============================
    Lambang:
    Mas, kita pindah ke ruangan Diskusi aja ya… Ditunggu mbak Intan di sana…
    ==============================

  15. Sumego says:

    As.Wr.Wb

    Salam kenal Mas/Pak Lambang…
    Membaca tulisan diatas jadi ingat awal Hijrah saya akhir 2007 setelah “mimpi” bagaimana alam kematian itu, karena saking takutnya mulailah saya mengenal hadist tersebut…etc Apalagi saya nanti ya…
    (dasar ndableg pikir saya..)
    Mohon maaf sebelumnya ya Mas../..Pak

    Wss.Wr.Wb

    ==============================
    Lambang:
    Salam kenal kembali Mas Sumego.
    “Mimpi”nya menakutkan ya mas. Memang dari beberapa hadist disebutkan bahwa pada waktu nyawa dicabut, sakitnya luar biasa dahsyat. Tapi ada juga beberapa teman yang mengatakan bahwa kematian itu mengasyikkan. Malah ada orang yang baru meninggal wajahnya tersenyum. Sayang, sampai saat ini saya belum berhasil mendapatkan info bagaimana rasanya mati dari orang-orang yang sudah “game over”.
    :mrgreen:
    ==============================

  16. Jan ngarak sawah,mbok d paculi,d tanduri,d abuk mben lemu,metu uwuhe.Yen mateng aq d nei ya! D sisake kanggo sedulur sepuh kircon,mbah gundul,kisabdo,kingabei,syehk pj…Dll

    ==========================
    Lambang:
    Yoyoyo… sawahe lagi kena wereng… panen gagal… nunggu pilpres ndisik…🙂

    Salam Musafir.
    ==========================

  17. Bukhori says:

    Assalamu’alaikum..
    Wahai golongan ahlussunnah, yg katax ssuai dg qur’an hadist,ap kalian gtau klo ad hadits riwayat ibni majah, bhwa laa yakhillu li tsalatsatin yakuununa bifalaatin minal ardhi illaa amru alaihim akhadahum. Artinya, ssghnya tdk halal bg 3 orang yg berada d sbagian bumi,kecuali mrk mengangkat amir dr slah satu mreka..

    Brarti kalian lah golongan yg sesat, jgn skali2 mendoktrin glongan lain sbg yg sesat..

    ==========================
    Lambang:
    Haiyah ndongeng opo tho sampeyan iki… raup dhisik kono…😉
    ==========================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: