Agama dan Perilaku

Dewasa ini pula banyak perilaku para pemeluk agama yang telah menyimpang jauh dari esensi ajaran agama itu sendiri. Akibatnya, agama menjelma menjadi sosok yang seram dan menakutkan. Padahal, esensi ajaran agama adalah cinta dan kasih sayang.

Artikel selengkapnya ada di sini:
Agama dan Perilaku

About these ads

118 Responses to Agama dan Perilaku

  1. Lumiere says:

    keinget petuah salah seorang guru ^^
    Nak, agama itu hendaknya jadi laku, bukan hanya ilmu, apalagi hanya jadi tools

    ======================
    Lambang:
    Mbak… blognya koq protected? Lagi atut sama siapa? Kirim dunk passwordnya biar bisa ikut komen…
    ======================

  2. Lambang says:

    Bener mbak, agama jangan hanya jadi literatur yang dipajang di rak buku atau ayatnya hanya jadi luncuran kata untuk menyalahkan orang lain. Agama harus dijalankan dengan menggunakan akal.

    • KangBoed says:

      akhirnya dengan senang hati.. berteriaaaaak..

      kelimaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxzzzzzzzzzzzz

      • KangBoed says:

        hahaahahahahaha

        dasar jin botoooool hejooooooooooo

        ======================
        Lambang:
        Hahaha… jin kolor botol ijo…
        ======================

  3. m4stono says:

    kalau menurut orang jawa “agomo ageming aji”….

    • Lambang says:

      Sambil bersenandung lagu alm. Gombloh (Hong Wilaheng) :

      mingkar mingkuring angkoro
      akarono karnan mardi siwi
      sinawung resmining kidung
      sinubo sinukarto
      aduh gusti, pakertining ngilmu
      ingkang tumrap ning ngalam dunyo
      agomo ageming aji
      sopo entuk wahyuning Allah
      gyoh dumilah mangulah ngilmu bangkit
      bangkit mikat reh mangukut
      kukutaning jiwanggo
      yen mangkono, keno sinebut wong sepuh
      liring sepuh, sepi howo … awas loro ning atunggil

      hong wilaheng sekareng bawono langgeng … sekar mayang
      hong wilaheng sekareng bawono langgeng … sekar kajang
      hong wilaheng sekareng bawono
      hong wilaheng sekareng bawono

      • KangBoed says:

        waaaakaaakakakakakakak.. yoyoyoyo.. mBah Lambang..

        *duduk pojokan*
        *dengerin si mBah*

        ======================
        Lambang:
        Hiks… duduk di pojok ngabisin lalapan… ;) ;)
        ======================

    • KangBoed says:

      hahaha..
      kalau kata si mBah saya dari sunda :

      …..RELIGION IS THE WAY OF LIFE…..

      kitu ceuk si aki teeeeh

      ======================
      Lambang:
      :lol:
      ======================

  4. KangBoed says:

    sejujurnya agama itu bukan untuk tujuan tunjuk kiri kanan keluar diri.. melainkan untuk bebenah diri menata diri meraih Cinta Illahi
    salam sayang

    • Dangstars says:

      Ehm….dengan sejujurnya…..:):)

      ======================
      Lambang:
      Ehm… ehm…
      ======================

  5. KangBoed says:

    .. Raih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang ..
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • Lambang says:

      Hehehe… botol hejo kalakuanna…. nyepam mulu…. :D :D

      • KangBoed says:

        waaaaakaaaakakaakakakaakakak..

        itulah persahabataaaaaaaaann..

        tertawalah sebelum tertawa itu di larang

        mari goyaaaaang duyuuu.. mari goyaaaang duyuuu

        salam sayang my brathaaaaaaarrrrrrrrr

  6. m4stono says:

    liat keatas…^^…ati2 kang lambang…ijo2 dah mulai gentayangan…….hiiiiii aatuuuuttt…

    • KangBoed says:

      weeeekekekkekekekekekekekekeek..

      atuuuuuuuuuuuuuuutttttt

      kabuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrr

      ======================
      Lambang:
      ;) :cool: :lol:
      ======================

  7. KangBoed says:

    Romadhan menggetarkan Jiwa2 yang Haus akan Cinta Kasih Allah, sementara Kasih Sayang Allah tiada terbatas. Semoga Menjadi Berkah untuk Semua Saudara2ku Wabil Khusus MAS Lambang yang saya Hormati dan Kasihi.

    MOHON MA’AF LAHIR & BATHIN DARI KALIAN SEMUANYA…..semoga terbuka untukku sekeluarga.

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • Dangstars says:

      Assalamualaikum wr.wb.
      Selamat datang dlm penerbangan RAMADHAN AIR tujuan Bandara Internasional IDUL FITRI dgn nomor penerbangan 1430 H dengan ketinggian 2009 M dari permukaan laut,
      Tidak lama lagi kita akan menempuh penerbangan yg berjarak tempuh 30 hari & akan memasuki wilayah PUASA.
      Mari tegakkan kursi IMAN serta sandaran TAQWA.
      Bila terjadi guncangan dlm perjalanan, pasang selalu sabuk ZIKIR, TAHAJUD & SEDEKAH JARIAH.
      Pilot anda…AL ISLAM dan Copilot ALQURANUL KARIM Bersama Pramugari Rahmah, Maghfirah dan Jannah.
      Kami selalu berharap dpt menerbangkan anda kembali menuju negeri JANNATUN NAIM pd kesempatan berikutnya. ALLAHUAKBAR…! Mohon maaf lahir dan batin.
      Dangstars sakulawargi

      ======================
      Lambang:
      Jangan lupa perhatikan barang bawaan Anda sebelum meninggalkan pesawat… :)
      ======================

  8. yang-kung says:

    Di balik selubung iman hanya ada sinar kesatuan antara manusia dng Tuhan dan sesama.Hanya inilah bukti iman yg benar.Dalam situasi keragaman hidup beragama,bukti iman harus bisa diwujudkan secara konkret dalam sikap membuka diri,menghilangkan sekat2 dan menghindarkan diri dari kekerasan.MAMPUKAH KITA BERJUANG UNTUK HAL PENTING INI ????

    salam rahayu.

    • Lambang says:

      Terima kasih YangKung atas ajakannya.
      Salam Persahabatan.

      • KangBoed says:

        Para Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
        Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
        I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

        ======================
        Lambang:
        Mari… mari… :lol: :lol:
        ======================

  9. kupatahu28 says:

    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa… ^_^

    ======================
    Lambang:
    Sama-sama mas. Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan bathin.
    ======================

  10. qarrobin says:

    @m4stono, bener tuh kang botol idjo udah mulai nyepam, menebarkan cinta damai dan kasih sayang

    @Lambang, hihihi…aku ndak ngerti boso jowo mas
    tapi dndak popo, hatur nuhun
    maaf ya kang, baru dibalas komeng2x, soale dari blogwalking kerumah teman2 nyang laen.

    Kalo kita sama2 menebarkan cinta seperti zaman aksial, bahkan yahudi, amerika rusia dan yang lain akan hidup damai. One Earth, One United world under God. makasih kopi hangatnya

    hatur tengkiu udah sering nongkrong di rumah aye,
    ditunggu kangen2annya ama Diajeng Putri nya, ntar tak suguhin kopi hangat

    wassalam, Alias Olaf Adler

    ======================
    Lambang:
    Monggo mas. Dari Penerbit dan dari Senior, hihi…
    Olaf Adler -> KMA.

    ======================

  11. qarrobin says:

    gambar2nya keren, jadi inget ama kang dede kusn dede dukun, kemana ya, kok ga pernah online lagi, apa diusir satpam saykoji tuh…

    ======================
    Lambang:
    Ngga jelas ngilangnya ke mana. Kalau Dedi Dukun sih buat restoran di Bandung.
    ======================

  12. batjoe says:

    ass..
    salam kenal dn hangat dari http://batjoe wordpress.com.
    beradasarkan pelajaran yang didapat dari botol ijo bahwa CINTA harus terus dijaga agar tidak keluar kiri dan keluar kanan..
    dan bener mas yang sekarang terjadi emang duniawi banget sedikit2 tersinggung, marah trus bales dendam deh.
    sekali lagi salam kenal dan hangat dari kami,
    wassalam

    ======================
    Lambang:
    Salam kenal dan salam hangat kembali mas. Emang saudaraku kolor botol ijo itu lagi seneng bercinta. Maklumlah masih ABG…. :D :D
    ======================

  13. batjoe says:

    artikelnya mas menarik sekali ….
    enak dibaca dan wawasannya sangat luas banget

    ======================
    Lambang:
    Silahkan mas… :mrgreen:
    ======================

  14. m4stono says:

    wiiih gambarnya muaaanteep…kek asap2 yg gimana gitu spt dalemnya botol ijo….hiiiii…kangboed ntar botolnya jgn dibukaaa yaaa…hiiiii…aaatttuuut

    • Lambang says:

      Hihihi… seperti yang ada dalam kolor botol ijo… :lol:

    • qarrobin says:

      kalo kangboed keluar dari botol, minta tiga permintaan ah, hayo siapa mo dibagi…..

      • KangBoed says:

        hayooooooo mau minta apaaaaaaa

        ======================
        Lambang:
        Mintanya dua aja:
        1. Minta di-traktir makan besar kalau lagi ke Bandung.
        2. Minta rumah baru-nya segera ditempati.
        Satu permintaan lagi disimpen dulu, buat entar kalau udah ketemu, ada ide minta apa lagi. Hihihi…

        ======================

      • KangBoed says:

        permintaan pertama siaaaaaaaaap komandan saya tunggu di Bandung
        permintaan kedua malam ini lewat tenbgah malam akan di buka sesuai permintaan tuanku
        hahahaha

        salam sayang my brathaaaar

  15. refa says:

    Belajar dari sejarah ya ceritanya…
    Asyiik juga.
    Salam takzim.

    ======================
    Lambang:
    Salam takzim kembali mas Refa… :mrgreen:
    ======================

  16. lovepassword says:

    Saya jadi teringat salah satu kritik dari seorang atheis : Jika kamu berjumpa dengan sekelompok manusia yang baru saja melakukan ritual keagamaan , apakah kamu merasa aman atau justru merasa tidak aman ? Selain faktor GR memang ada, saya rasa memang ada juga perilaku keagamaan yang malah menakut-nakuti orang lain.

    ======================
    Lambang:
    Saya juga takut kalau ketemu sekelompok orang yang baru nonton bola, terus team jagoannya kalah. Takut dilempar…
    Kebiasaan orang Indonesia kali ya, seneng keroyokan… :lol:

    ======================

  17. KangBoed says:

    mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ======================
    Lambang:
    Sptnya komen yang ini udah ada tuh di atas… hehehe… santaiiiiiii… :mrgreen:
    ======================

  18. arkasala says:

    dikenalkan sama KangBoed, numpang belajar Kang. Salam kenal dulu. Trims.

    • Lambang says:

      Salam kenal Kang Yayat,

      Entar saya mau tanya-tanya lewat email ah, tentang pesen domain lewat mana, hosting dimana, berapa harganya dan gimana setting CPanel-nya untuk main hosting.
      Hihihi… baru kenal udah banyak nanya yah… terlaaaaluuu… :lol: :lol:

      Salam Persahabatan.

  19. KangBoed says:

    hehehehe udah yaaaaaaa hahahahahaahaha..

    ======================
    Lambang:
    Hahahaha….. jadi malu nih… ;)
    ======================

  20. batjoe says:

    wah rame ada botol ijo dan orang hitam putih…
    ketawa terus botol ijonya wah maaf lho mas aku tadi slah bales koment saya kita mas lambang yang temannya sakit ternyata salah
    biasa mas udah pikun hehehehhe
    pa kabar mas dan salam sayang buat temen2 disini..
    tinggal di jogja mas?

  21. Lambang says:

    Kabar baik-baik saja mas.
    Salam sayang kembali. Saya ada di Jakarta.

  22. KangBoed says:

    Mas Lambang kalau komeng pake dot com emailnya pake yang mana sama botolnya jangan lupa pindahin yaaa hahahahahahaahaa.. maaf ngerjain terusss.. pokoknya sampai bandung saya traktir

  23. he em, jadi takut beragama ya klo kayak gitu, tapi ya harus punya agama, masak ndak punya kepercayaa…..ya moga agama kita ndak di jadikan seperti itu lagi, moga mereka pada sadar, ndak ada teroris2 lagi deh ya….

    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

  24. Assalamu’alaikum,
    Salam kenal Mas Lambang… semoga berkenan silaturahim ke tempat saya.
    (Dewi Yana)

    ======================
    Lambang:
    Salam kenal kembali mbak.
    Saya sudah ke TKP dan sudah komeng di sana… :mrgreen:

    ======================

    • KangBoed says:

      salam kenal kembali.. segera meluncur ke TKP

      salam sayang

      *responder*

      ======================
      Lambang:
      My Brathaaar merangkap Auto-Responder…
      ======================

  25. Kang Lambang,
    Ndeleng Judhule ” Agama dan Perilaku “.
    Pancene kudu GATHUK~MATHUK dadi LAKU. Agama itu PRANATAN KAHANAN supyo Manungso padho Toto, Titi, Nastiti, Ngati-ati agar tercipta kondisi yang Tentrem, Kerto Raharjo.

    Namun belakangan ini AGAMA sudah tidak lagi memberikan jalan KEDAMAIAN bagi para pemeluknya, lantaran AGAMA telah berubah fungsi menjadi KELEMBAGAAN KEYAKINAN untuk MENGGERUS KEYAKINAN kelompok, golongan lain.

    Wes…kito kudu selalu ELING lan Waspodho.

    Muaaaaaaaaaaannnntep tenan iki wes JOS GANDHOS.

  26. Lambang says:

    Sepertinya sudah waktunya untuk melakukan re-engineering dalam bidang da’wah…. *halah*

  27. KangBoed says:

    KOMENG NYANG DI SPAM KELUARIN MAS

  28. Lambang says:

    Dah beres dua-duanya. Pakai botol kuning. Yang dot com besok yah.

    I love you my brathar… udah ngantuk……

  29. halo met malem, salam kenal dari blogger solo jangan lupa mampir kerumahku ya

    ======================
    Lambang:
    Salam kenal kembali.
    Segera meluncur ke TKP…

    ======================

  30. sikapsamin says:

    Agama dan Perilaku..,
    Agama Perilaku atau Perilaku Agama
    Kerinduan kpd Axial-Age…

    Agama dan Perdagangan..,
    Agama Dagang atau Dagang Agama
    Ini sejarah Silk-Road…

    Agama dan Penjajahan..,
    Ini sejarah Renaisance pd abad 15/16
    Merebaknya Penjajahan didunia…

    Konon sejak 1970an muncul New-Age..,
    http://en.wikipedia.org/wiki/New_Age
    Ceritanya ada kesamaan dg Axial-Age…

    Tapi gegap-gempita yang sampai diNKRI… kok… TERORISME MULTI DIMENSI
    Perilaku Agama apa ini..?!?

    Mohon maaf mas Lambang
    Saya numpang titip tambahan renungan
    Matur nuwun

    • Lambang says:

      Benar mas, memang paham Axial Age memiliki kesamaan dengan New Age. Menurut saya, ini juga ada kemiripan dengan paham kejawen, yaitu kembali ke fitrah, kembali ke pemahaman leluhur, mengaji diri dan sejenisnya.

      Rasanya ini bisa terjadi karena ada pertentangan batin terhadap dogma dan ritual agama yang selama ini dihayati.
      Mungkin sang pelaku merasa kurang sreg dengan beberapa ayat dari kitab sucinya. Mungkin juga sang pelaku merasa telah menemukan petunjuk dan jalan lain yang lebih sreg. Bisa juga sang pelaku merasa level-spiritualnya tidak akan meningkat kalau hanya mengikuti jalan yang ada.

      Mengingat bahwa ada hadist tentang pelacur yang masuk surga karena memberi minum anjing (HR Bukhari & Muslim) dan ada hadist tentang tidak masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat sebesar biji zarrah kesombongan (HR Muslim), tentunya akan sulit sekali bagi kita untuk menentukan mana batas aman untuk semua ritual keagamaan.

      Jadi apapun jalan yang ditempuh, kalau rahmat dan hidayah Allah sudah turun, pasti semuanya menjadi terang benderang.

      Mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan.
      Salam Persahabatan.

  31. Filarbiru says:

    @ mbang

    Sebelumnya gue minta maap dulu hehe dan met puasa ya

    Komentnya ntar

    Salam

  32. SufiMuda says:

    Agama fitrah nya hadir untuk memberikan kesejukan dan kedamaian di muka bumi. Kalau agama sudah menjadi alat untuk kekerasan maka yang disalahkan bukan agama akan tetapi orang2 yang menjalankan agama.

    Saya saya risau melihat apa yang terjadi di Indonesia belakangan ini. Kita harus banyak belajar untuk membedakan antara Jihad dan Teror.

    Terimakasih atas tulisan yang mencerahkan… Salam Persaudaraan

    Salam Damai Selalu

    ======================
    Lambang:
    Salam Persaudaraan mas Sufi Muda.
    ======================

  33. abifasya says:

    Setuju mas dengan postingan di atas, kebanyakan diantara kita hanya menjadaikan agama sebagai pengetahuan saja, sementara amalnya masih minim bahkan mungkin tidak ada, walaupun sebenarnya kita semua tahu bahwa Allah akan mengazab orang ahli agama yg tak amal terlebih dahulu sebelum mengazab para penyembah berhala.
    Salaaaaaaaaaam

    ======================
    Lambang:
    Yayaya…mengenai amal dan ibadah ini… Wallahu’alam… :)
    ======================

  34. genial says:

    lakum diinukum waliadiin… hebat kang :)
    salam kenal iia… dari wong cilik :(
    biar bisa ikutan ngTOP kek kang nurding tengtop… jiahhh :(

    ======================
    Lambang:
    Salam kenal mas Genial…
    *duh takut salah ketik ketambahan huruf t*

    Nanti saya mampir mas… :)
    ======================

  35. analisisnya tajam, mendalam, dan informatif, serta sugestif, mas lambang. saya jdi sedih setiap kali mendengar sekelompok orang yang suka mengtasnamakan islam, tapi perlikunya sugguh di luar akhlaq silam yang rahmatan lil’alamiin, lebih2 yang demikian gampang memberikan stigma kafir kepada mereka yang dianggap bukan kelompoknyua. doh! semoga ramadhan bisa menjadi momen utk kritik diri agar bisa berbela rasa. btw, blog mas lambang juga sudah saya masukka ke google reader sehngga otomatis tertaur di halaman tautan, makasih mas lambang. selamat berbuka puasa.

    • KangBoed says:

      siapa dulu dunk mas lambaaaaaaaaang anu kasep tea

      ======================
      Lambang:
      私の友人にあなたを愛し
      ======================

  36. Lambang says:

    Terima kasih mas Sawali atas kunjungannya.
    Terima kasih sekali lagi untuk tautan melalui Google Reader-nya.
    Salam Persahabatan.

  37. adi isa says:

    Menurut Karen pula, yang terpenting bukanlah apa yang kita percayai, melainkan bagaimana kita berperilaku.
    =============================================

    humanismenya oke juga…

    • KangBoed says:

      hehehe.. intinya bagaimana akhlak kita.. semua keluar dari hati yang bersih begicu yaaaaaa

      • KangBoed says:

        waaaah satuju pisang..

        Hati bersih sudah pasti perbuatan luhur

        Hati kotor.. wah bisa munafik bisa pabeulit tapi dua duana ediaaaaaaaaaan

  38. Abula says:

    terima kasih …atas tulisannya
    benar-benar mantaps

    Salam Ramadhan Al Mubarok 1430 H
    Salam Hangat Selalu dari AbulaMedia.com

  39. Lambang says:

    @adi isa:
    Hai mas Adi, apa kabar? Ada sedikit tambahan, kita berperilaku karena ada suatu norma yang kita percayai dapat menghasilkan kebaikan.

    @Abula:
    Salam kenal mas.
    Selamat berpuasa dan salam anget kembali.

    Salam Persahabatan.

  40. kawanlama95 says:

    agama aturan hidup manusia untuk berprilaku dengan baik dan benar dan berupa ancaman dan harapan.
    Ooo ini toh yang sering2 di sebut sebut si blue. salam kenal pak blog yang bagus. si tunggu di maya kami yang sederhana dan pemula

    ======================
    Lambang:
    Salam kenal kembali mas…
    Blue itu PilarBiru kah?

    Salam Persahabatan. :)
    ======================

    • KangBoed says:

      HEHEHE BLUENYA NYANG LAIN LAGI MAS MAKSUDNYA FILM TUUH HAHAHAHAHA
      SALAM SAYANG SEMUANYA

      • KangBoed says:

        waaaaaaaakakakakakak masa sih :roll:

      • Lambang says:

        Hihihi, botol hejo ngomong sendiri sama botol kuning…
        Mau ditambahin dua botol lagi enggak? Yang merah sama biru, lengkap dengan avatarnya… hehehe…

        Biar makin rame dah…

        Tapi ati-ati lho, entar kalau dianggap spam sama Oom Ismet, mau komen dimana-mana langsung ketangkep…

        Salam Persahabatan.

  41. [...] jogetan habis habisan bahasa sundana brak nangkarak brak nangkuban dan tentu saja kang Yayat dan Mas Lambang yang spesialis dangduterzzz rockerrr sendu.. alias seneng duit.. waakaakakak.. langsung turun [...]

  42. chokey says:

    Salam kenal ah..kayaknya adem tinggal disini..hehehe
    apalgai ada liat si jin botol rajin kesini.
    salam kenal ya

    ======================
    Lambang:
    Salam kenal kembali mas…
    Kalau jin botol itu temen dari kecil.
    Waktu itu kita masih muat di botol minyak kampak.
    Kalau sekarang musti masuk botol aqua. :)

    ======================

  43. Lambang says:

    @Blue: Oke, segera meluncur…

  44. itempoeti says:

    ketika agama menjadi alat politik.., maka itulah awal dari kehancuran umat…

    ======================
    Lambang:
    Hallo mas ItemPoeti.
    Karena agama memiliki pengikut dalam jumlah yang sangat besar, maka melalui jalan inilah cara yang paling mudah untuk mencapai tujuan politik. ;)

    ======================

  45. KangBoed says:

    SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaaaaaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  46. Saya says:

    I really enjoyed this article. Benar-benar menikmatinya. Dibaca berulang-ulang tetap tidak puas sampai mulai bekas-bekasnya mulai menempel di kelopak mata.

    Seandainya ada lagi karya sejenis — pluralis, liberal, menyeluruh dan bikin ngiri setengah mati saking mengingatkan betapa sempit daya pikir saya — boleh diemailkan/ditunjukkan linknya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers

%d bloggers like this: