Simpati dan Empati

empathySudah sering kita mendengar kata simpati maupun empati. Terlebih kata simpati jauh lebih populer karena digunakan oleh salah satu provider untuk trademark produk-nya. Sering orang menganggap kedua kata itu memiliki arti yang sama, padahal pendapat itu tidak terlalu tepat.

Simpati berasal dari kata Yunani, syn (bersama-sama) dan pathos (penderitaan). Jadi simpati artinya ikut merasakan penderitaan orang lain.

Artikel selengkapnya ada di sini:
Simpati dan Empati

16 Responses to Simpati dan Empati

  1. m4stono says:

    pertamaxxxxxxxxx

    • m4stono says:

      mana nih ndorone omahe iki….cucian deh….wakakakakak

      • m4stono says:

        saya juga punya postingan yg “kimplah kimplah” senengane kang lambang…hihihihihihi

      • m4stono says:

        sebenarnya say gak suka istilah kimplah2…senangnya kampyoh kampyoh…ato pating mlenuk kek perutnya kangboed….ups….ntar dia merasa terzolimi lagi…huuuhuhuhuhu jadi obyek pelengkap penderita lagi…huhuhuhuhuhuhuakakakakakakakakakakak….sori kangboed jas ngibing…….

  2. Lambang says:

    Hiyaa… kampyoh kampyoh. Koq sajak’e akeh banyune ngono yo, koyo gombal teles dikipat-kipatke… hehehe…

  3. batjoe says:

    hiyaaaa….. keduluan lagi padahal tadi malem pulang kerja udah nyamperin nih blokc.
    emang mas ton jagaiin nih blok kah…..
    dan ampun deh ngeborong sampe 4 kali walah kepriben tho?

    ======================
    Lambang:
    Kebetulan jam tayang saya dengan Kang Tono hampir sama, menjelang jam 24:00. Lebih dari jam itu, bisa berubah jadi labu siyem semua. Hehehe…
    ======================

  4. batjoe says:

    enak artikelnya mas lambang mudah dimengerti.
    Simpati : hanya ngucap doang tnpa tindakan
    Empati : berucap sambil berusaha
    tuh cepet kan nangkepnya?
    kalau bangsa indonesia berusaha untuk empati mungkin kemiskinan tidak separah seperti sekarang.
    laha kita udah empati ndak mas hehehehehe?

    ======================
    Lambang:
    Kalau saya sih ngga tentu. Tergantung mood. Kalau lagi angot dan sutris, boro-boro bisa empati, diajak ngomong aja males…😉
    ======================

  5. batjoe says:

    ngomong2….
    botol kecap eh salah botol ijo dan kuning kemana mas….
    marah, tersingung ya jadinya males main kemari..
    kasih permen aja ma supaya ngambeknya ilang
    hahahahhahhaa
    salam sayang buat mas lambang, mas ton, kang boed dan temen2 yang berkunjung ke blog ini.

    ======================
    Lambang:
    Kalau KangBoed sepertinya jam tayangnya cukup panjang. Mulai dari maghrib sampai imsak. hehehe…😀
    ======================

  6. Filarbiru says:

    Hmm…
    Tulisan bagus tapi tunggu dulu

    Aku harus berpikir…

    Semua ini karena jaman yg sudah berubah jadi sedikit sekali manusia yg ada empatinya

    Salam

    ======================
    Lambang:
    Bisa juga karena itu, tapi bisa juga karena kesalahan prosedur evaluasi diri…😎
    ======================

  7. m4stono says:

    Ada pengendara sepeda motor ditabrak oleh metro mini. Semua orang yang ada disekitar lokasi kejadian pandangannya langsung beralih ke TKP. Tidak ketinggalan semua penumpang bis kota dan mikrolet yang langsung menjulurkan kepala mencari sudut pandang yang terbaik. Sebagian ada yang berlari mendekat. Sebagian ada yang berucap: “Waduh, kasihan banget entu sepeda motor dihajar metro mini”. Nah, ini adalah simpati. Dan biasanya hanya berlangsung dalam hitungan menit saja. Setelah itu terlupakan.

    ____________________________________________________________

    nek iki dijamin luwih akeh sing nonton ketimbang sing nulungi…yen ndhisik aku tahu nabrak becak…ndilalahe sing tak tabrak kuwi wong asli sekitar kampung kono…..sing jenenge wong kampung ra preduli bener po salah sing penting nulungi kancane dhewe…sing marahi mangkeli kuwi sing nonton kecelakaan kuwi sok manas2i…dadi ra kondusip kahanane

  8. Lambang says:

    Iya Kang. Untung dulu itu yang naik becak bukan calon mertua. Kalau bener camer, bisa gagal urusan selanjutnya… hehehe…

  9. qarrobin says:

    Mari suburkan empati, harga nelfon termurah 1 rupiah per nelfon dan sms gratis, bisa internetan unlimited cukup 5000 per bulan

    hihihi…murah ga tuh kartu empati nya

    ======================
    ::Wekekekeeek… Kartu Empati Pede-nya bisa dibeli ketengan… 10.000 per kartu. Dijamin empati abiiiiis deeeeh….
    Kalau masih kurang cocok, bisa beli kartu Empati Puooool…. 20.000 aja…

    ======================

  10. batjoe says:

    mas lambang aku copas lagi ini ya…

    ======================
    :: Silahkan mas.
    Semoga bermanfaat.🙂

    ======================

  11. Umatun ^^MJSAMK^^ says:

    assalamu’alaikum..

    boleh copas tuliannya??
    buat bahan pembenran niiy..
    ok??
    thx before..
    slam knal, Umatun Karomah

    jika berkenan konfirmasi d FB y ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: