Biola Tak Berdawai

Seno Gumira Ajidarma. Wartawan, photographer, dosen dan penulis. Dilahirkan di Boston pada tahun 1958. Lulus sarjana IKJ tahun 1994, dan lulus menjadi Magister Ahli Filsafat UI pada tahun 2000. Gelar terakhirnya adalah Doktor Ilmu Sastra UI, pada tahun 2005.

Sastrawan yang satu ini sosok pembangkang. Ayahnya Prof. Dr. MSA Sastroamidjojo, guru besar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Tapi, lain ayah, lain pula si anak. Seno Gumira Ajidarma bertolak belakang dengan pemikiran sang ayah.

Artikel selengkapnya ada di sini:
Biola Tak Berdawai

62 Responses to Biola Tak Berdawai

  1. m4stono says:

    ngatemi = “hoooyeeeeee diajeng dapet petromaxxxxxx….kang lambang ca’eeem deechh”

    ======================
    :: Ah diajeng Ngatemi.
    Makan nasi goreng terasa makan kulit beras.
    Tidur di kasur terasa di kandang kambing.
    Pakai lampu neon terasa dekat petromax.
    Sulit untuk melupakan diajeng.
    Tapi biarlah semua menjadi masa lalu.
    *haiyah, sok puitis, ketularan bung MK*

    ======================

  2. Fitri says:

    Akankah biola itu tetap tak berdawai?😎

    ======================
    :: Kalau segera dibawa ke tukang service mudah-mudahan bisa berdawai lagi.
    Sayangnya, terkadang bunyinya masih belum mengekspresikan diri kita yang sesungguhnya (*halah, sok jadi sastrawan lagi*).
    Salam untuk diajeng Fitri.🙂

    ======================

  3. batjoe says:

    wah masku kali ini makin pandai berkata-kata puitis. mantapszzzzzzz.
    lah mas lamb kok bisa youtube punyaku tetap aja ndak bisa…

    ih,,, ada pertanyaan dari mba fitrie tuh? lagi ke wc kali mba orangnya heheheheheeh

    makin ringan mas…

    ======================
    :: Kata orang, puisi dan lagu bisa mendekatkan diri ke keadaan nyaman dan ekstasi. Dalam keadaan inilah biasanya indera lain menjadi terbuka dan kita bisa mencerna berbagai vibrasi khusus yang ada di sekitar kita. Tapi itu kata orang lho. Sip deh kalau sudah makin ringan.

    Komen tentang yu tubiyem itu udah dijawab di blog atu-nya. Tinggal kopas aja koq mas ke artikel.

    Diajeng Fitri… hai diajeng… sudah dijawab di atas.
    Salam Persahabatan.🙂

    ======================

  4. m4stono says:

    biola adalah tubuh…..
    dawai adalah jiwa……
    violist adalah ruh……

    dah ah……gak bisa komeng panjang2….walopun dah disedot tetep gak mo keluar….. :mrgreen:

    ======================
    :: Hihihi… ada penyumbatan mungkin… atau ada masalah dengan prostat… wekekekkkk…🙂
    *kunci pintu lagi… takut di-plintheng*

    ======================

    • m4stono says:

      lha kena gigi je….hihihihihih………….tau aja saya dulu suka plinthengan…….semua jenis burung disawah hampir semua saya dapetkan…mulai dari emprit yg paling kecil hingga pak tani pernah saya plintheng…hihihihihihihi…untung hanya kena capingnya…klo kena burungnya bisa gaswaaat…….wuakakakakakaak 😆

    • Hah!
      Ketauan,
      MasTon pikir tiga,
      Bisa tuh!

      Salam Pikir Tiga!

      ======================
      :: Hiyaaaa…. maksudnya bisa diplintheng gitu…. hihihi…
      ======================

      • Diplintheng?
        Itu maksud MasTon?
        Ah, emang gitu kali, ya!

        MasTon punya banyak perumpamaan.
        Aku sangat suka model-model gitu.
        Ibaratnya, alam pun bersabda koq, kan?

        Rajin lah mlinteng-mlinteng,
        Nyoba lah ngepang-ngepang,
        Kali-kali terajut manfaat.

        Salam Persahabatan!

  5. […] waktu yang lalu (10 Mei 2009).. hihihihihi.. lama bener yaaaaak.. saya mendapatkan lemparan award mas Lambang.. dan ini menjadi Award Pertama Ngeblog saya tepat Rumah Lama saya baru berumur delapan hari.. […]

  6. batjoe says:

    kangen mas….
    ndak tahu pingin ngintip dan anteng disini aja rasanya…
    award bandelku mana..
    oya ya.. belum genep 7 hari direndemnya hahahahaahahhahahaha hahahahahahahahahhahahahaaa

    ======================
    :: Hehehe… awardnya nanti harus di-reply dengan YouTube. Gimana dunk… udah bisa pa blon…🙂
    ======================

    • batjoe says:

      lagi dicoba terus masih juga ndak bisa loading…
      pokoknya manusia itu biar tolol kaya apa kalau mau diusahain pasti bisa….

      ini masih direndemkan selama 7 hari 7 malem?
      nanti kalau sudah direndem masih ndak bisa juga bagaimana ayo????

      ======================
      :: Kalau direndem 7 hari 7 malam masih ngga mempan, nanti dikucek-kucek 7 hari 7 malam. Biar makin bersih…. hehehe…🙂
      ======================

  7. lovepassword says:

    Menurutmu elok mana biola yang berdawai dan yang tak berdawai. Ndengerin itu pake kuping atau pake hati yah ??? ( sok merenung mode on)

  8. Lambang says:

    Menurutku kuping itu hanya jalur.
    Dari kuping kiri bisa keluar ke kanan.
    Dari kuping bisa juga masuk ke otak.

    Diolah otak kiri, di-persepsi kanan, disimpan di memory.
    Kadang memory dibaca, kasih bumbu dikit, simpen lagi.
    Biar lain kali ceramahnya bisa lebih meyakinkan.

    Kalau hati/sukma/ruh/kalbu/jiwa itu mah virtual,
    Boro boro dirasa dan didefinisikan.
    Lihat gambarnya aja belum pernah.

    *kasih permen karet, biar merenungnya makin lama*

    • batjoe says:

      heheheheheheeehehhee..
      ngajak berantem nih critanya……
      awas kesambit clurit lho..

      ah males ngisi blog.. nanti-nanti aja masih diolah otak kiri, terus kekanan terus menggak-menggok jadinya B A N D E L dan B A R B A R .
      mantepzzzz ngepas bener pasangannya…. ancur

      ======================
      :: Hehehe… pasangan mana ya yang ancur…🙄
      Kalau ada yang bawa clurit, paling tak lempar mercon terus tinggal kabuuur…🙂

      ======================

    • m4stono says:

      kalo saya merenung sambil jongkok di wc dan sedal sedul udud sampurna mild……………ada tuh gambarnya hati/sukma/ruh/kalbu/jiwa…klo gak percaya tinggal bercermin aja…liat baek2 dan amatilah dengan seksama, kalo masih blom percaya maka yakinlah bahwa bayangan dicermin itu sukma, maka itulah sukma tapi hanya persepsi…hihihihihihhii…tapi walaupun persepsi bisa menjadi realita lho…..ada tuh cara utk bisa liat badan halus kita memakai media cermin…tapi klo percaya sih…klo gak percaya ya udah….laaariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii :mrgreen:

      ======================
      :: Tetep baliknya sih ke ilusi dan persepsi Kang. Memang ada orang tertentu yang merasa bisa melihat itu. Termasuk melihat sedulur papat limo pancer. Tapi kalau tidak bisa dibuktikan ke orang lain, mending disimpen dan dipakai sendiri. Enda perlu diceritakan ke orang lain daripada dituduh ngengleng. Orang schizoprenic juga mengalami simptom yang sama dengan orang yang lagi mabuk spiritual. Tapi ini kata orang sono lho, dan saya masih belum setuju 100%.
      Lagian kalau bisa dilihat pun belum tentu mau disuruh beli rokok ke depan gang… hehehe… Lebih cepet nyuruh si Paijo… bisa pakai SMS lagi…:mrgreen:

      ======================

      • m4stono says:

        betul juga yah…….tapi kalo bicara persepsi, kita itu sebenarnya ndak ada lho kang, masih inget diskusi kita di dimensi ke empat……lha terus yg ada siapaaaa…..??? yg berkatalah yg ada, yg berkata itu siapa…??? auk ah gelap:mrgreen:

        ======================
        :: Lho, jadi yang ngomong itu tadi bukan Paijo tho? Koq dia nanya beli rokoknya satu apa dua mas… hihihi…

        Padahal kalau ngga sengaja nyenggol bokonge cewek dikaplok beneran je… itu bukan ilusi… itu mah sakit beneran…

        Auk ah gelap juga. Entar tak makan kecubung dulu, biar ketemu simbah…🙂
        ======================

      • m4stono says:

        wah kalo itu lain lagi kang…hihihihihihihihi….ya sejatine ora ono opo2 itu hakekat tertinggi, sedangkan kalo dikaplok cewek itu mah napsu ajah, tapi klo bener2 gak sengaja yaa rejeki kang paijo :mrgreen:
        coba klo sebelum dikaplok dibius dulu kan gak terasa…😆 ya kalau sudah mencapai hakekat tertinggi itu maka ruang dan waktu bukan masalah…..bisa kemana saja dan kapan saja ….nah loe jepang aja sudah mencapai taraf ini lho kang…gak percaya…tuh doraemon punya pintu kemana saja….. :mrgreen:

        ======================
        :: Katanya sih gitu, batasan ruang dan waktu menghilang. Tapi kalau nyeberang laut jasadnya sulit diajak. Enerji penghalangnya gede banget. Paling cuma ruhnya aja yang mencelat… 😉
        ======================

    • Menurutku, Kang! Kuping …

      Kuping itu adalah selongsong makanan roh.
      Mata itu adalah jendela kaca makanan jiwa.
      Mulut itu adalah lubang pintu makanan tubuh.

      Salam Nguping!

      ======================
      :: Menurutku, kuping dan mata dua-duanya menjadi pintu masuknya pemahaman yang dimakan roh dan jiwa.
      Kalau mulut bener ituh lubang makanan. 😉

      ======================

      • Yah!
        Hidung pun hrs ada peran bagi ke tiga-tiganya
        Tapi mata bukan lah andalan utama utk rohani,
        Melainkan utamanya untuk pencerna jiwa.

        See and believing adalah kasus duniawi.
        Believe and you will see adalah kasus rohani.
        Itu alasan ku Bung Lamb!

        Salam!

        ======================
        :: Masih salah juga.
        Gimana bisa believe kalau belum pernah melihat dan mendengar ajaran.
        Gitu loh maksudku Bang.
        *melet dikit*😉

        ======================

      • Masih salah mulu ya!

        Atawa gini deh kita coba.
        Apa saja dominan makanan itu?
        Baru nanti kitanyaho pencera utamanya.

        Cing nu eta tea teh:
        http://tertiga.wordpress.com/2009/02/19/makanan-pertumbuhan-tertiga/

        Salam!

        ======================
        :: Makanan tubuh : buburnasi
        Makanan jiwa : kontemplasi
        Makanan ruh : hibernasi atau meditasi

        ======================

      • Nah, aku mulai bener dong.
        Bila pang top na meditasi,
        Meditasi tak clingak clinguk,
        Hanya birahi yang selalu gitu.

        Salam Pas!

      • Kumaha, cing kuping!

        Masih salah atawa belum, tah!
        Konon, berbicara kepadanya selama 1 jam,
        Lebih jitu dari membaca semua bukunya 3 jilid.

        Salam Pas!

        ======================
        :: Nyang atas sudah pas.
        Nyang ini blon pas.
        Berbicara-nya kan hanya satu arah.
        Kayak Handy Talky doang.
        Balikannya kemresek ga jelas.🙂

        ======================

      • “Nya” di situ huruf kecil, Bung!
        Anggap aja yg punya 3 buku itu seorang Prof.
        Gitu loh! Jadi aku boleh dong kau benarkan! heh.

        Salam!

        ======================
        :: Ah, kali ini aku yang salah baca. Kurang teliti.
        Ternyata “nya”-nya kecil.
        Siiip, bener Anda Bung MK.
        Salam Kitanyaho!🙂

        ======================

  9. frozen says:

    Wah, buku yang belum kesampaian saya baca ini.😀 Trim’s sudah menyertakan prolognya. Sungguh, saya baru tahu kalau prolognya dibikin dalam bentuk senandika seperti ini. Esoterik.

    Sebetulnya dulu berada dalam dilema, antara pilih Negeri Senja atau BTB. Dasar pikiran masih pragmatis-pragmatisnya, tidak dipilih dua-duanya, dan saya malah ngambil buku komik:mrgreen:

    ======================
    :: Karya Seno memang banyak yang bagus. Di website-nya ada cerpen berjudul “Di Larang Menyanyi di Kamar Mandi”. Itu layak baca.
    BTW, gravatar-nya ganti photo kakaknya ya…:mrgreen:

    ======================

    • Ali Sastro says:

      Coba “Manusia Kamar” dan “Atas Nama Malam”

      ======================
      :: Thanks. Segera melacak PDF bajakan…🙂
      ======================

      • frozen says:

        Coba “Manusia Kamar” dan “Atas Nama Malam”

        Oke, oke, akan saya masukkan ke dalam antrian belanja buku bulanan😛

        .
        .
        .

        » Lambang

        […] berjudul “Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi”. Itu layak baca.

        Baik, saya catat juga *walau sebetulnya masih terpikat dengan “Cinta di Atas Perahu Cadik“*

        ======================
        :: Makasih. Saya lacak lagi yang naik perahu itu…🙂
        ======================

  10. […] wujud rasa sayang… saya persembahkan Hujan award ini kepada : mas Lambang..  Bri Hayhay.. mas Batjoe siKasep..  Ruang Hati Berbagi.. mas Huang.. mas Fachia.. mas Bani […]

    • KangBoed says:

      hehehehe award saya sudah dirapihkan gambarnya di ganti yang jelas..

      ======================
      :: Iya Kang. Belum dapet ide untuk artikel balasannya.🙂
      ======================

  11. Fitri says:

    Mas lambang, tadi saya kirim email. Tolong dibuka dan disampaikan pada yang bersangkutan ya? Thx..🙂

    ======================
    :: Oke dek.😉
    ======================

  12. batjoe says:

    mas lambang minta alamat lengkapnya ya ada award khusus buat masku….
    kirim emailnya ke : yantoa66@yahoo.com atau atheis99@yahoo.co.id
    jangan males… ini wasiat hehehehehehehe
    yang lain menyusul

    ======================
    :: Email saya islamabangan@gmail.com.
    Alamat rumah… hehehe… rahasia ah…😉

    ======================

  13. batjoe says:

    wehhhhh…
    PR nya naik jadi 2 kejar terus mas lambangku jadi 5 ayo semangat jangan tidur melulu…..

    ======================
    :: Iya Mas. Dulu juga udah dua terus anjlok. Berarti sekarang udah bisa santai ngga ngapdet artikel lagi…
    Kalau nguber keknya sulit… paling pol 3, karena saya jarang ngomen di mana-mana sih.😉

    ======================

  14. batjoe says:

    kangen pingin balik tapi tetep aja males…
    dapet award tuh dari kang boed….

    ======================
    :: Hihihi… award KangBoed entar aja deh dibalasnya… masih belum ada ide menarik…😉
    ======================

  15. m4stono says:

    ngatemi = “allooow kang lambang chaayaaang……lagi ngapain….kerja yah…..tolong bantuin kang tono nerjemahin sastra jawa dunk….keciyan tuh sampe pegel2 ama mules2 nerjemahinnya…….daaaaaaahhhh…muuuuaaaagh…”😀

    ======================
    :: Eh mau dunk diajeng. Itu pekerjaan yang menarik dan penuh tantangan. Mudah-mudahan saya bisa nemukan banyak referensinya untuk menterjemahkan.🙂
    ======================

  16. Fitri says:

    Alexa saya makin hari makin turun, kira-kira disebabkan karena apa ya? Eh, ya tadi saya ketemu mas batjoe dan dikasi oleh-oleh dari Amerika. Kata mas batjoe, dia enggak akan nyerah sampai bisa ketemu sama mas lambang. Masalah komentar pedas yang saya ceritakan di email, orang muncul lagi dan menuduh saya yang tidak-tidak. Namanya *********, dia begitu benci sama saya gara-gara terpicu postingan yang belum di hapus tsb.

    ======================
    :: Wah, enda tahu soal Alexa itu.

    Tentang Mas Batjoe itu, saya jadi merasa tersanjung dicari-cari beliau. Padahal saya itu aslinya nggilani puol dik, bener deh, swer… pasti nyesel banget ketemu sama saya.

    Tentang tuduhan itu, biar aja dik. Anggap saja sebagai ujian terhadap kesabaran dan kebijaksanaan kita. Tapi kita juga harus introspeksi diri, jangan-jangan postingan kita menimbulkan keresahan atau kita yang salah dalam bertutur-kata atau berkomen.
    Maaf nama yang dicantumkan di atas saya hidden. Saya tidak mau diduga ikutan berburuk sangka kepada orang lain yang mungkin saja memang buruk kelakuannya atau mungkin saja dia terpaksa berbuat buruk hanya untuk menyadarkan kita.

    Coba dik Fitri renungkan kembali, apa manfaat membuat artikel “Wawan” itu selain dari membeberkan keburukan orang lain dan mengundang permusuhan. Berbagilah pemahaman, wawasan, informasi dan pengetahuan melalui artikel.

    Ada hadist yang jadi favourite quotes saya:
    Alangkah baiknya orang-orang yang sibuk meneliti aib diri mereka sendiri dengan tidak mengurusi aib-aib orang lain. (HR. Ad-Dailami)

    Salam Persahabatan.
    ======================

    • m4stono says:

      baru tahu kalo kang lambang itu nggilani poolll… :mrgreen: keknya kita sama kang satu aliran…aliran ndableg, ngeyel, kemaki, kemlinthi, nggilani, celelekan dan konco2nya…..nah gitu donk kang keluarin ilmunya biar kita2 ini dik fitri diajeng ngatemi dan dik tono selaku adik2 kangmas lambang bisa belajar banyak dari panjenengan….dan ajaibnya juga kang lambang langsung nyambung diajak ngobrol tentang miyabi dkk…….kaaaabuuuuuurrrr……

      ======================
      :: Wuah, kalau ngajari KangTono seperti menggarami lautan… hehehe…
      Jeruk koq ngajarin duren, ya pasti kecoblos-coblos… *salah ya peribahasanya?*

      Soal nyambung dengan Miyabi itu memang sudah kodratnya dari sono je… Lha dari jaman Nabi sudah ada cerita ngeres (72 bidadari) mosok saya enda boleh ikutan ngeres juga…
      Yang penting ngeresnya terarah dan dikelola dengan bijaksana dan penuh manfaat *halah, nggilani puol*🙂

      ======================

  17. G3mbel says:

    Bukunya menarik mas. Kayaknya saya wajib baca, meskipun saya katro masalah sastra. Mungkin karena prolognya yang begitu menggoda.😀

    ^

    BTW : Mas punya info format PDF nya gak ..?

    ^

    Salam kenal😛

    ======================
    :: Sama mas, saya juga super katrok. Denger nama Seno juga baru sekali ini. Tapi pas dibaca, koq rasanya sreg gitu.
    PDF satu buku lengkap masih belum saya ketemukan. Tapi beberapa cerpen bisa dilihat di blognya Seno itu.
    Salam kenal kembali mas…🙂

    ======================

  18. KangBoed says:

    Menuju kepada perubahan yang lebih baik maka harus ada pembaharuan…. Dan adanya pembaharuan itu, segala sesuatu yang sudah tidak ada keseimbangan harus di rombak secara total keseluruhan dan setelah itu barulah di tegakkan kembali Alam dengan keberadaan yang baru yang tenang aman dan damai. Karena ketidak seimbangan Alam yang terjadi dimuka Bumi ini karena ulah Manusia yang tidak “Tahu diri”. Dan Saya rasa karena itulah Tuhan menurunkan segala macam bentuk bencana-bencana yang terjadi yang di ikuti dengan kerusuhan-kerusuhan, pertikaian, perdebatan bahkan peperangan. dan waspadalah jika kerusuhan sudah diikuti dengan penjarahan.. maka waktu akan bermain Agar Tuntas secara menyeluruh SELEKSI ALAM yang akan berganti dengan ALAM yang TENANG, AMAN dan DAMAI.

  19. m4stono says:

    hai cing!

    saya ada artikel baru cing!

    kok loyo cing!

    hah! ada bung maren cing!

    kabur cing!

    atut dilempar sendal cing!

    sori cing!

    jas ngibing cing!

    salam tertawa!

    hahahahahaha cing!

    ======================
    :: Oke cing! serbu cing!
    Wekekekkkk…🙂

    ======================

  20. Hehe!
    Cicing heula atuh MasTon.
    Pan cape kucing-kucingan.
    Komenin dong blog gw …

    Salam!

  21. KangBoed says:

    MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS NAMA PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN

    SEMOGA DENGAN BERJALANNYA WAKTU SEMAKIN MEMPERSATUKAN KITA SEMUA.. TIDAK MELIHAT SIAPA KAMU.. APA AGAMAMU.. APA MAZHABMU.. TETAPI DENGAN MENYADARI KITA BERASAL DARI YANG SATU..

    SALAM SAYANG SELALU

    ======================
    :: Siip… kita tunggu lagi petuah akang… salam damai…🙂
    ======================

  22. Butul tuh KangBoed!
    Jangan tanya lagi apa agama mu?
    Boleh lah seberapa beragama kamu?

    Semoga kita bersatu padu,
    Menuju Paduka Yang Satu,
    Tak usah saling sleding.

    Ai lopiu KangBoed, pull!

    ======================
    :: Siiip… Menuju Paduka Yang Satu…
    ======================

  23. batjoe says:

    udah mas saya baca….
    maaf beberapa hari ini saya lagi konsen dengan pekerjaan dan jaringan speddy juga ngadat.
    wah “atheis” lagi ya mas? mau bicara apa ya mas…
    saya cm mau kasih tahu. ini hnaya blog mas dan fungsi blog adalah untuk mendapatkan sesuatu yang berarti khususnya buat saya tehadap koment dan artikel ditempatnya siapapun. dan sekali lagi ini cm blog bila tangan saya berkehendak menuju DELETE maka WP BATJOE hilang .. lebih enak dan fresh kan tapi itu bukan saya, mas lambang yang telah menjadikan BANDEL dan BARBAR hahahahahahaha.
    sekali lagi makasih mas lambang, no problem mau dibilang atheis kah, kristenkah, budhakah, atau apapun … monggo…. mas
    intinya : KATAKANLAH :”DIA-LAH ALLAH, YANG MAHA ESA,

    ======================
    :: Enda papa mas. Kan ada orang yang merasa pemahamannya paling bener. Ya biarin aja. Toh sama-sama enda bisa membuktikan. Hanya berdebat masalah imajinasi masing-masing.🙂
    ======================

    • m4stono says:

      biasalah andalannya mas lambang… semua hanya ilusi….. terbawa sinetron sun go kong kali yak… wakakakakakaka….. btw mas batjoe saya gak ikutan yaaa… jangankan nanya agama saya apa… wong nanya jenis kelamin aja saya suka bingung…..

      hahahahahahahahahah cing!

      ======================
      :: Hehehe… modalnya ya cuman ilusi itu doang Kang. Miriplah kek yang lain-lain. Ada yang modalnya mursyid. Ada yang cinta. Ada yang hati. Ada yang Yin-Yang. Ada yang cipto – roso – karso. Ada yang dzat – sir – sifat. Ada yang slaman – slumun – slamet. Yah begitulah, karena keterbatasan manusia untuk memahami dimensi yang lebih tinggi lagi.
      Gitchu cing! Wekekekekkk…

      ======================

  24. Plinthengan MasTon:
    biola adalah tubuh…..
    dawai adalah jiwa……
    violist adalah ruh……

    Kepangan Mas Kitanyaho:
    Biola itu baik lah bagai tubuh yg berrongga lapang.
    Dawai itu baik lah bagai jiwa yg bergesekan firman.
    Violist itu baik lah bagai ruh yg berkehendak mulia.

    Salam Damai!

  25. Nah, klo akur, ta’ kepang dua gini:
    Napa orang-orang pd menngurug rongga tubuhnya. Nama orang-orang dijadiin beubeugig, janggutnya pd dikumisin, kumisnya dijanggutin, padahal bulunya pun, ah, renggang-renggang. Herman!

    Pan,
    Klo rongga biola itu dijejalin macem-macem, dipenuhi bulu-bulu dan kain-kain, maka suara gesekan firman itu pun keknya akan spt suara gergaji besi lah yah! Jadi kalah ama suara gambang suling.

    Yah lah!
    Getar frekwensi vibrasi jiwa tak lagi dapat beresonansi di dalam tabung yg pejal dgn bulu atau pejal dgn apa pun. Alunan suara biola jadi bantep gitu loh. Greg grog greg grog kek gergaji triplek paling kauh klo dawainya distel keceng abis ato dawainya dibanyakin…heh!

    Salam Rangkep Tiga:
    — Cing Cangkeling,
    — Cing Gambang Suling.
    — Ndak cing dang dut kulit unta.

    ======================
    :: Akur Cing!
    Jan-jane ngomong opo to cah bagus iki…. koq tekan graji wesi barang…

    ======================

    • m4stono says:

      yup betul sekali akang maren…..

      nih tak tambahin cerita dari artikel lawas :mrgreen:

      Pada suatu ketika kyai dipesantren A menguji ketiga murid terpandainya, kyai memanggil santri 1 dan menyuruh mengisi gudang dengan apa saja dia suka sesuai kehendak hatinya, santri 1 mengisi dengan uang dan harta sehingga gudang itu penuh, kyai memutuskan santri 1 tidak lulus ujian. Dipanggil santri 2 dan diuji dengan hal yang sama, santeri 2 mengisi dengan buku2 beraneka macam hingga gudang itu penuh dengan buku, santri 2 tidak lulus. Ketika santri 3 dipanggil maka santri 3 membersihkan gudang dan mengeluarkan isinya lalu menyalakan dan menaruh lilin ditengah tengah gudang sehingga gudang itu menjadi terang cahaya lilin, santri 3 lulus. mengapa santri 3 lulus karena santri 1 gila harta, santri 2 gila ilmu dan santri 3 rindu akan pencerahan dari dalam hatinya…. hihihihi :mrgreen:

    • m4stono says:

      @mas lambang

      mbuh je aku yo radong babar blas…hihihihihi…kok yo ono geguritan tekan graji wesi, ketoke si cah bagus ki pagaweyane tukang nggrajeni wesi lan di dol…opo tukang nggrajeni ril sepur yo…wih blaiiikk…we lha kok ngrasani

      ======================
      :: Hihihi… asli meduro katone…
      ======================

      • @Lamb

        Kenapa Meduro doyan logam, yak!
        Apa ada sejarahnya nggak, yak!
        Boleh digugel via “gigi emas”

        Salam!

        ======================
        :: Tak gugel malah nemu pertanyaan “Bagaimana Hukumnya Memakai Gigi Palsu yang Terbuat dari Emas”.
        Ternyata O ternyata, isi dunia ini makin kompleks dan paradox.
        Imajinasi orang semakin liar dan akibatnya ada yang bingung mau pakai aturan yang mana. Padahal dalam dirinya sudah lengkap tersedia PKK (Pusat Kontrol Kelakuan).
        Salam Emas!

        ======================

      • O, gitu!
        Mungkin orang-orang itu penuh khawatir akan hidupnya, sehingga perlu mencari penyebabnya yg pasti. Segala lingkungan diperiksa. Harus ada “something wrong”, dan itu bagai pasti bukan pd dirinya yg wrong. Lalu imajinasi orang keliaran kemana-mana demi mencari si wrong itu. Aneh lah!

        Salam!

      • Lambang says:

        Selain cari penyebab, juga cari kambing hitam.
        Kalau perlu, Tuhan pun dikambing hitamkan.
        “Habis gimana lagi, udah nasib” Kata Paijo.
        Atau sekalian cari pelampiasan untuk menghilangkan penyebab.
        Nglayap malem-malem, atau fly high.

  26. lovepassword says:

    “Bagaimana Hukumnya Memakai Gigi Palsu yang Terbuat dari Emas” ===> Yah pasti haram kalo emasnya nyopet di toko. Yang saya bingung ki wong takon kok yo do lucu-lucu . Hi Hi Hi.

    ======================
    :: Hehehe.. pancen kelakuan orang aneh-aneh. Jangan-jangan kita yang ngeblog ini juga aneh kalau dilihat orang… ketawa-ketawa dan nyureng-nyureng depan komputer… wekekekkkk….
    ======================

  27. qarrobin says:

    Salut deh, nyerah saya ama sastra, aq ga punya imajinasi kesana

    sastra emang lebih indah dan lebih lebih lebih daripada fisika yang mumet

    ======================
    :: Bener mas. Mangkanya penyebaran agama di Jawa pada jaman Walisongo itu banyak dilakukan melalui berbagai karya sastra seperti wayang, tembang, kidung dan puisi (serat). Hasilnya memang lebih mudah merasuk ketimbang pidato di mimbar sambil bicara berapi-api dan melotot.🙂
    ======================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: