The Mind and Thought

thought-helmet.jpgAkal dan Pikiran
(Terjemahan bebas dari judul artikel ini, walaupun tidak tepat benar)

Aristoteles telah membuat kesalahan yang memprihatikan dengan menyatakan bahwa hati adalah tempat emosi dan inti dari fikiran manusia. Mungkin kesalahan ini berasal dari kesadaran bahwa ada susunan syaraf dan otot yang kompleks yang berpusat disekitar bagian tengah dan atas tubuh. …….

Artikel selengkapnya ada di sini:
The Mind and Thought

74 Responses to The Mind and Thought

  1. Lambang says:

    Zzzzzz…. zzzz….

  2. pamuji rahayu..,

    hehehe… Ki.. panjenengan buat blog baru untuk wayang ya… shadow puppet ( wayang kulit / bayangan ) dan wayang kayu.., wallah Ki… hehehe.. Kidimas Tono nanti kewalahan … cari cari artikel wayang dan filosofinya… wah jan mumet lho Ki… sama dengan metani watak wong sak donya… hehehe…,
    ================================================
    *** ya .. untuk orang orang yang berkecimpung dalam dunia spiritual sepertinya lebih mengikat pikiran pada satu titik (,..)…, selalu menjaga pikiran supaya tidak loncat loncat atau berputar putar…, dengan berusaha berlatih semedi fokus pada titik. sehingga pengendalian akan hal hal yang memicu akal pikiran untuk mengajak ke hal dan hil bisa di hentikan.. bukan berarti ndak mau berpikir.. atau berhenti berpikir hehehe…lha sudah jelas gitu, apa yang Kidimas paparkan diatas… nggih tho..?
    matur sembah nuwun
    salam sihkatresnan
    rahayu.

    ======================
    :: Iya mas Hadi. Saya buatkan blog itu maksudnya biar KangTono dan para kontributor yang membantu mencarikan bahan untuk artikel. Tinggal tunjukkan link-nya di mana, nanti biar tak selesaikan finishingnya. Minimal bisa membantu program pemerintah untuk memasyarakatkan kebudayaan leluhur.

    Mengenai pikiran itu, sepertinya kita harus membagi dalam dua rentang waktu. Kalau pagi sampai sore hari, ya pikiran harus dimaksimalkan agar bisa menghasilkan karya-karya besar seperti para pendahulu kita yang di Indonesia maupun para pakar di barat sana. Nah, waktu Isya’ sampai Shubuh, lebih baik digunakan untuk mencari “Siapakah Aku?” dengan cara menghentikan putaran Akal dan arus pikiran yang berputar-putar. Membagi dalam dua rentang waktu ini memang menjadi lebih sulit lagi. Banyak yang akhirnya memilih jalan spiritual murni, yaitu meninggalkan keduniawian secara total dan manembah di tempat-tempat yang sepi dan ber-enerji tinggi. Saya kurang cocok dengan cara terakhir ini yang lebih menjurus pada egoisme spiritual (yang penting saya slamet, yang lain terserah).
    Matur sembah nuwun atas komen-nya Mas Hadi.
    Salam Sihkatresnan. ๐Ÿ™‚

    ======================

  3. batjoe says:

    laju terus pantang surut..
    gila beberapa hari langsung banyak arikelnya dan rata-rata berbobot sekali..

    keduanya masku….

    ======================
    :: Wong semuanya hanya ilusi dan imajinasi saja koq mas…
    Pura-puranya saya sok ngerti gitu, padahal sih sumber tulisannya dari mana-mana…๐Ÿ™‚

    ======================

  4. batjoe says:

    “Kedamaian ini tidak bisa diperoleh dalam sekejap”

    saya setuju mas lambang… dan sudah saya buktikan…
    ibarat cermin harus setiap hari dibersihkan akan terlihat mengkilap…

    bagus banget artikelnya mas bisa buat bahan “brefiing” ke anak-anak didik saya… makasih mas lambang dan kelihatnnya sudah mulai terarah blognya… setelah artikel ke 100 nya…
    salut……

    ======================
    :: Terarah makin liar ilusi dan imajinasinya gitu ya mas?๐Ÿ˜‰
    ======================

  5. m4stono says:

    pamuji rahayu kidimas lambang…..halah ikut2an mas hadi….hihihi

    sebenarnya apa yg panjenengan sampaikan itu suatu kaweruh yg luar biasa bagi saya yg cubluk ini, memang hal2 keduniaan spt narkoba, parno dsb itu mempercepat putaran akal, menurut saya putaran akal itu adalah suatu ketidak fokusan kita thd sesuatu spt malas, pinginnya cepet2 menghasilkan dan sedikit usaha, ini juga bisa berarti suatu kotoran pikiran hingga menjadi ngeres dan juga kotoran hati yg berupa penyakit hati….secara umnum spiritualis itu dibagi kedalam dua menurut teknik berspiritualnya/meditasi yaitu konsentrasi memusatkan pada suatu titik dan dekonsentrasi ato memusatkan pada semua media, kalau konsentrasi itu mengumpul dan dekonsentrasi itu menyebar….monggo kidimas milih yg mana, tapi kuncinya tetep pada nafas, rileks dan syukur……..kalo saya spiritualis abal2 wong buktinya suka ngeblog dan nyepam lagi…hihihihihi… ๐Ÿ˜€

    aku ngundang kidimas ki malah ketok tuwo…wis ah…mengko ndak didukani mas hadi:mrgreen:

    ======================
    :: Pamuji rahayu kakangmas Tono,
    Saya malah belum pernah denger meditasi yang dekonsentrasi itu. Mungkin sejenis Walking Meditation itu yah… Soalnya kalau kita jalan tapi mengosongkan pikiran, jelas akan nabrak-nabrak atau ditabrak Metro Mini. Bukannya dapet pencerahan tapi malah opname berminggu-minggu…๐Ÿ™‚

    ======================

  6. Lumiere says:

    itu bener “Sri Swami Sivananda” atau “Swami Viviekananda” mas?๐Ÿ˜•

    ======================
    :: Bener yang almarhum Sri Swami Sivananda mbak. Ada di bukunya yang berjudul Easy Steps to Yoga (download di sini).
    Buku Swami Viviekananda saya pernah baca juga, tapi enda tahu apa hubungannya dengan SSS. Mungkin penerusnya yah…๐Ÿ˜‰

    ======================

  7. tomy says:

    ngeblog bisa jadi wahana kontemplasi & meditasi lho Kang Lambang
    pikiran kita jadi terpusat buat nanggepin komen:mrgreen:
    ada banyak hal yang bisa didapat asal tidak hanya ingin jadi selebriti

    rahayu salam sih katresnan

    • Lambang says:

      Bener itu mas. Malah ada seorang pakar fisika yang ditanya tentang meditasi, dan dia menjawab, “meditasi saya ya mencari fenomena dan rumusan fisika ini”. Memang benar juga ada sebagian orang yang mengatakan bahwa para pakar seperti Einstein itu sebetulnya sudah masuk dalam tingkatan Nabi. Yaitu orang yang gagasannya diakui dan dimanfaatkan oleh seluruh umat manusia.

      Ngeblog itu juga merupakan salah satu meditasi saya mas… terutama waktu nulis komen-komen itu biar ngga terkesan ngasal…:mrgreen:

  8. itempoeti says:

    Aristoteles tidak salah…
    kalau dia hidup di masa sekarang dan membaca lagi karya2nya tentu dia tertawa ngakak…
    hihihihihi…

    ======================
    :: Untung dia ngga hidup lagi… Entar bisa ada Aritoteles Part Two…๐Ÿ˜†
    ======================

  9. Love4Live says:

    membaca tulisan diatas, makin terasa bahwa saya bukan siapa2…

    ======================
    :: Sama mas. Saya juga bukan siapa-siapa. Cuma warga RT 007 RW 021…๐Ÿ™‚
    ======================

  10. m4stono says:

    salam:mrgreen:

    kang mbok saya jangan dijadiin koordinator gicu lho….abot sanggane, mbok ya sampeyan sendiri membujuk para sespuh yg sampeyan sebutkan……saya cukup jadi pengamat saja yaaaa http://www.ngelesngasal.com kalo mo nyari tokoh wayang keknya di mbah wiki dah ada….memang ndak semua sih, sedangkan tokoh2 yg kurang beken bisa ditanyakan ke mas hadi…haalaaah….katanya kalo mo nyari tokoh wayang itu seperti metani wong sak jagat…nah kalo ini saya setubuh…:mrgreen: sebab menurut saya itu tokoh wayang khususnya versi jawa itu adalah simbol dari diri sendiri, semua perwatakan wayang itu ada didiri kita dan hendaknya dipahamai secara menyeluruh baru bisa membabarkan makna filosofinya….sedangkan kalo mo copas ya tinggal plak plek jadi…hihihihihi….gini aja mas solusinya…..kan susah juga membujuk para sespuh utk membabar tokoh2 tsb mengingat mereka juga tahu diri kompetensinya, bukannya meragukan lho tapi lebih kearah iso ngrumongso daripada rumongso iso kek saya yg pura2 pinter padahal ndak tahu apa2…tenanan iki ….sampeyan kalo mo posting tentang salah satu tokoh wayang tinggal diposting aja disini ntar kita komengin rame2 walopun agak OOT ini gak nyimpang lho dari tema blognya sebab kan masih abangan bebas aja wong miyabi aja ada disini…hihihihihi….jadi ndak ada beban gitu lho…santai aja….kalo mo posting tinggal posting ato pas males ya posting lainnya bintang JAV bebas bassss bablaaasss :mrgreen:

    ======================
    :: Ternyata tak lihat di Wiki Jawa itu banyak banget cerita tentang wayang, walaupun gambarnya sebagian besar adalah gambar dari India yang nehi-nehi itu, bukan gambar asli dari Jawa. Ya udah, ngga jadi, malu sama yang nulis di Wiki. Kontributornya para sesepuh dan dalang je… Yang muda ngalah sajalah…
    Padahal tadinya hanya mau nulis wayang dan perwatakan yang dilambangkannya. Termasuk ciri-ciri pakaian, sanggul, senjata dan cara berbicaranya.
    Kan lucu kalau ada orang bule nanya, “Ini tokoh wayang siapa?” Terus kita jawab, “Wah enda tahu, bentuknya mirip semua sih. Mungkin itu Kresno.” Terus si bule nyawab, “Weladalah…, wong jowo koq tahunya cuma Kresno, Gatotkaca dan Werkudoro doang. Apa ngga ada referensi yang baku tentang wayang itu? Katanya ini kebudayaan yang dibangga-banggakan oleh Indonesia.” Coba, mau diumpetin di mana muka kita? Apa cukup kita jawab, “Coba aja cari di Wiki…”. Ternyata gambar di Wiki banyak yang India nehi-nehi…๐Ÿ˜†

    ======================

    • m4stono says:

      sebenarnya saya juga sudah posting ttg wayang dan sudah saya mulai dari artikel ini gak panjang sih tapi lumangyan kan punokawan tokoh wayang juga… :mrgreen:

      ntar kapan2 saya mo posting ttg antasena dan wisanggeni ben ngalem mas ngabehi…hihihihi

    • TukiPon says:

      Kang Terus terang aja ya nek masalah wayang saya juan nul puthul nggak dong babar blas… Saya ada pengalaman pribadi sing ngisin-ngisini wagu tur saru kanggone Wong Jowo masalah pengenalan tokoh wayang ini walah malah curhat
      begini nih ceritanya…

      Kocap kacarita oooongggg Trotok tok tok
      walah malah nggaya koyo dalang barang padahal juan nggak dong babar blas… kalo yang ini nggak OMDO bener pengalaman nyata… beberapa tahun yang lalu

      Pon kapan lehmu arep crito…? jare pangangen-angen…
      yo wiss bali ke topik…
      dulu saya pernah di ajak Bapak nonton wayang kebetulan dalang-nya ki Hadi Sugito yang merupakan dalang kesenangan Romo… untuk lakon yang di mainkan maaf lalhi…
      Nah pas ada percakapan antara Pandawa/kurawa gak mudeng aku (yang jalas awake ceking-ceking) dan takoh yang teng njekthut ora nggenah kaya badut… Pada saat itu tiba tiba mak benduduk Bapak nunjuk salah satu tokoh wayang sambil berujar Le.. kae jenenge sopo Le sing di cekel karo ki dalang… saya jawab dengan sok tahu dan sok bener yang itu ya Pak.. iya Le… jawab Bapak… lha kalo itukan namanya Bagong jawab saya dengan PeDe..nya soale nek bener areb di tukoke wedang Ronde koyo cah cilik yaa… padahal wes wanai seneng karo Cah Ayu… hihihihi
      ehh tahu nggak jebulanya sing bener yang di pegang kidalang Sugito itu Arjuna… waduh sakal langsung mendlep Aku ndak wani kocap babar blas… Isin tenan aku…waktu itu… Wes Rumangsa Pinter, bener dewe, PeDe maneh… jebulane salah… hihihihi
      lha kurang lebih setahun yang lalu saya menemukan situs Cerita Wayang lengkap dari Wayang sampai Mataram wis pokoke manteb soale sebagian besar sudah di translate iki tulisane bener ora ya ke bahasa Indonsia. jadi mudah memahaminya… mumpung masih ingat nama link-nya: http://www.bharatayudha.multiply.com nek iki Link asli lhooo… hihihihi

      • TukiPon says:

        Nambahi di situ juga banyak Foto-Foto Sexi ngak pake baju… lha ini kena UU ITE dan Pornografi ngak ya… padahal ini budaya asli Nuswantara/NKRI mosok kena UU lalu gimana mau berkembang ya budaya Nusantara…? kalo dikit-dikit UU… dikit-dikit UU… UU kok Dikit…???

      • TukiPon says:

        Padahal dengan semakin banyaknya UU/peraturan yang di buat semakin membuat Rakyat Hidup Bak di dalam Botol… Ngono salah ngene salah Rewwweelll jawab Sinden

      • Lambang says:

        Nice info gan…
        Ternyata yang di link itu banyak juga yang gambar wayangnya diambil dari lukisan (mungkin batik ya?). Saya cari-cari site yang berisi gambar wayang kulit beneran masih belum ketemu.
        BTW, sebetulnya cerita Mahabarata dan Ramayana itu itu kan dari India. Saya masih belum mudeng juga asalnya Semar cs itu dari India juga atau murni dari Indonesia.
        Di link itu ada wayang kulit yang mukanya merah dan biru muda. Habis ditabokin sama dalangnya kali yah…๐Ÿ˜†

      • TukiPon says:

        Kalo cerita Mahabarata ma Ramayana itu dari india atau asli Nuswantara/NKRI saya juga nggak paham bener… maklum wong cubluk lha wong saya itu SD (Sekolah nDoboss ibn nDableg) aja DO… hihihihi…
        Tapi saya kok mengarah ke budaya Lemuria yaa… atau Atlantis yang hilang itu Soale dalam istilah penyebutan wilayah/tempat semua hampir sama dengan kenyataan yang ada saat ini… neng bener orane nggak mudeng saya…
        coba aja nanya ke Kang DBO atau Kang Kumitir mungkin beliaunya lebih paham masalah ini… Saya tak kulak Swara dan adol Rungon… ini istilahe bener ora ya… nek salah bisa di sembur sama Kang Sabdalangit saya…๐Ÿ™‚
        Nah kalo ada yang gambare merah atau biru rainya/wajah/muka itu nggak cuman di taboki tapi juga di blesek-bleseke barang tapi mungkin lho… apa kurang sajen yaa๐Ÿ˜€
        Tapi kalo bagian ngeroto bagian Muka kayane Kang Tono yang lebih paham soale Potone udah hitam putih hehehehe…
        mlayu maning ndak di plintheng…๐Ÿ˜€

        ======================
        :: Kalau mas Kumitir jarang mbales komen. Ngga enak ah…๐Ÿ™‚
        ======================

      • TukiPon says:

        Sik jangan Di plintheng dulu.. ndasku wes menjoto biyayakan arep mlayu dadi kejedug mejo…๐Ÿ˜€
        Oh.. Iya kang lambang bisa juga tuh nanya langsung ke yang punya Blog http://www.bharatayudha.multiply.com
        kalo saya perhatikan dari gaya bahasa kayaknya Orange cukup perr juga…

        ======================
        :: Oh ya, makasih atas infonya.๐Ÿ™‚
        ======================

      • m4stono says:

        sik…sik…mas pon….kalo SD aja DO malah kenal ama lemuria…..iki SD ne nang hongkong…hihihihihi…….

        kang lambang kumbokarno itu wataknya satria….istilahnya buto tapi satria….dia membela alengka bukannya karena membela rahwana kakaknya tapi lebih karena bakti kepada negara…..cuman ya itu kalo udah tidur kek sampeyan ngrungkel koyo luwing…hihihihihi gak bangun2…..mo bangun kalo disediain panganan sak hohah…. ๐Ÿ˜† mlayu sik sedurunge di balang nganggo miyabi……

  11. Sโ„ขJ says:

    muahahahahaha…๐Ÿ˜Ž

    ======================
    :: Jangan nakut-nakutin ah…๐Ÿ˜•
    Maaf ya, ternyata avatarnya nehi-nehi juga…:mrgreen:

    ======================

    • m4stono says:

      nguakakakakakakaka….ikut2an kang jenang ketawa…….nehi..nehi…….gak usah minder kang…wong yg nulis di wiki aja sama2 masih belajar….mendingan diposting diblog masg2 aja…gak usah bikin blog baru…..kan gaya penulisan tiap orang beda2 kecuali kalo copas btw gravatar saya jadi gendut…wong kumbokarno mo dilawan…hihihihi :mrgreen:

      ======================
      :: Gravatar-nya keknya cocok dengan orang aslinya… hehehe… kesannya kumbokarno itu pethakilan ya…:mrgreen:
      ======================

      • TukiPon says:

        Lha gimana lagi ya kang setelah saya amati kok pancen Kang Tono sekarang jadi Gendhut beda dengan 9 tahun yang lalu jadi kalo gravatarnya Mau pake Adipati Karno… yaa nggak cocok sama tubuhnya Kang Noto Kang Tono saat ini…
        Ehhh Kang jare mau beli galian singset biar cuilik maneh ben kaya Adipati Karno… padahal asline Noto aambek Tono iki pengawakane kaya Wisanggeni utawa Antasena neng pase Nakula lan Sadewa wong pancen mirip tenan
        Mlayu ndak di bandem nganggo mantram Dewo Kemul Sarung seko PAKEM hihihihi

        ======================
        :: Lho, jadi udah kenal secara pribadi dengan KangTono dan punya alamatnya ya?
        Please kirim lewat email ya (ke islamabangan@gmail.com), nanti kalau ke Jogja saya mau mampir dadakan ke rumah beliau. Saya mau nyantrik di sana.
        Please ya Mas Tukipon sing ngguantheng dan baik hati…๐Ÿ™‚

        ======================

      • m4stono says:

        sik..sik…mas tukipon kae rak sing dodol ning pasar pon solo to….weee lha konco lawas…piye kabare mas isih dodol doro opo wis alih profesi yo ethok2e kenal akrab sori lho ra tau ngabari panjenengan….bojomu wis piro kang….haaalaaah… :mrgreen:

        ======================
        :: Pokok’e email mas Tukipon saya tunggu dengan penuh harap dan kasih. *hiyaah*
        Siap-siap KangTono, nanti akan datang murid satu yang nggilani ini… Jangan kabur ya… tak tungguin walaupun langit sampai runtuh sekalipun… *halaah*๐Ÿ˜‰

        ======================

      • m4stono says:

        nguakakaka………….langit runtuh…….jian nggilani tenan to kang….๐Ÿ˜†

      • TukiPon says:

        Ikut ngakak dulu… lha wong saya itu sama Kang Tono itu belum pernah ketemu kok… tapi tenan dengan yang namanya Kang Tono yang ini saya kenal aja di dunia Blogs… ning mbuh ding… nek lhe ketemu ngimpi pas kulakan manuk di pasar Pon Solo dan kebetulan Kang Tono juga pas ada di sana mbawa doro/merpati… kayane Kang Tono ini hobinya nggabur doro ya… sambil byayakan mbayangke kang tono nyekel doro hihihihi…
        lha itu di koment dibawah dia sudah konangan soale nulis “hus”… iki mengko aku di getak ora ya… koyo doro wae…
        Cuman saya ini terkesan dengan petrukan lan bagongan dagelanya antara Kang SaptoWS dengan Kang Oleng di:
        http://www.eddycorret.wordpress.com
        lha dari koment yang ada di sana ada yang mbahas ilmu trawangan titen nah terinspirasi dari pembahasan itu saya berusaha belajar niteni karakter tulisan dan gaya bahasa dari mereka padahal gaya bahasa mereka itu mirip bak pinang di belah dua๐Ÿ˜› tapi saya yakin itu tetap dua orang bukan satu orang…
        salah satu dari mereka berdua ada yang berubah jadi Kang Tono… lha entah Si Kang SaptoWS atau Si Kang Oleng Yang jadi Kang Tono Saya juga binun Penasaran Kang… bulane nek nggawe penasaran uwong ki yooo mumet yoo, lhe gawe ukoro
        bocor aluse kumat

      • TukiPon says:

        Tapi bisa jadi itu di luar dari kedua orang tersebut tapi yang jelas yang jadi kang Tono lulusan http://www.eddycorret.wordpress.com
        Kabur ndak di plinteng…

      • m4stono says:

        sikk…sik…ke tkp dolo……..

        hmmm…itu bukan saya mas…liat aja dr gaya tulisannya…keknya lebih mirip ke kang gundul yg namanya oleng itu….dia si oleng itu juga pernah lho komeng di blog saya…katanya lagi nyari kang gundul….:mrgreen: ono2 wae lakone nopo pak lambang mantep …………..

      • TukiPon says:

        Terus terang-terang terus… disakasikan langit dan bumi wes… bahwa Oleng itu dan TuKipon itu satu orang hihihi…. di mana Oleng itu nama saya waktu di http://www.eddycorret.wordpress.com dan Tukipon nama saya setelah bangun tidur hihihi dimana saya tidak pernah punya dan buat blog sekalipun… Tapi kalo Koment mah sering… hihihi…

      • TukiPon says:

        Ora tangi turu ding mengko ndak di kiro madani kang Tono dadi Kumbokarno hihihihi….

      • TukiPon says:

        Lha waktu saya nyari kang gundul di blog panjenengan karana saya bener-bener kangen sama beliuanya dan saya kira panjenengan… kang Santri gundul bade kula ajak guyon-maton… tapi ternyata bukan…

      • Lambang says:

        Oleng dan mas Tukipon itu satu orang?
        Ngga percaya… ngga mungkin…๐Ÿ˜Ž
        Oleng itu suka pakai titik 3 buah (kek saya), huruf besar, huruf tebal, isi komennya pasti seputar kejawen + tarekat. Itu jelas Kang Santri Gundul. Beliau juga punya nickname Oklek.

      • oleng says:

        Kang lambang saya hadir kang kalo kang lambang mau hubungi tukipon silahkan kirim ke email ini aja… soale nama tukipon di ambil dari hari lahir Oleng… dan oleng mau buat email tukipon@yahoo.com udah di pake oleh orang hongkong jadi yaa pake aja emailnya yang penting nama tetep TukiPon…

        kenapa saya pergi dari padepokan denmass eddycorret nek cocok yodi geret…??? wekekekek
        karena saya hanyalah seekor cacing yang hidup didasar lumpur yang berbau busuk… tak pantas rasanya buat saya pribadi untuk berdikusi dengan para pendekar papan atas di padepakan atas langit denmas eddycorret walah malah ingat inmemoriam…

        lan kagem kangmasku SaptoWS, Mas Sameone, Kang damar dan yang lain-lain maaf kan adimu ini yang bodoh dan tolol ya kangmas… karena adi pergi tanpa pamit sama kangmas dan kadang-kadang semua… tau-tau hilang begitu aja…
        sekali lagi mohon maaf karena adi sekali lagi hanya seekor cacing yang hidup di dasar lumpur yang berbau busuk…

      • Lambang says:

        Lha koq jadi melankolis gitu kang.
        Rasanya lagi nonton sinetron, ikut sedih.
        Padahal cacing lumpur itu konon berubah menjadi Syekh Siti Jenar yang tahu bagaimana cara mati dengan sempurna. Padahal yang bisanya merendah sampai ndlosor-ndlosor kuwi malah ilmunya sundul langit je… Bisa mindah gunung…๐Ÿ˜†

      • oleng says:

        Kang kuwi nak sing iso mindah gunung bahkan taman sri wedari nek wayange buta edan tur pengung sing arane Kala Bendono iki kleru ora yoo… ananging senajan edan lan pengung… Dewo-dewo ora ono sing iso ngalahke malah menurut critane yo dadi kekasihe poro Dewoto… lah nek oleng waaahhh juannn nggak mungkin lha wong cacing kok podo karo kolo bendono wueekekeke…

    • TukiPon says:

      Padahal Watake Adipati Karno dengan Kumbokarno itu sama hihihihi… sama-sama berbakti pada Negara… Nasionalisme…

      • m4stono says:

        hus saya malah mirip2 buto cakil lho kang….tapi mo pake gambarnya kok males….ntar dikira pake helm cakil terus gak dilepas lepas……..lebih tepatnya buto cakil pake helm cakil……..hihihihihi…..maunya mmg pake adipati karno, dia punya senjata nuklir kuntowijayadanu bisa membunuh musuh sesakti apapun:mrgreen:

      • TukiPon says:

        hiiiiihihihi… lha kok malah dlosor Kang… tapi nek Cakil ndak pas Kang… lihat aja dari gravatar Kang Tono hitam ma putih jadi ya separo Nakula dan separonya lagi Sadewa…
        nek iki aku kuwalat ora ya… Nrayak soale…

      • Lambang says:

        Kalau wayang lain itu sikutnya kan ke belakang. Lha Kumbokarno ini nggaya, sikutnya ke depan. Ben katon kemlinthi dan pethakilan gitu kan?

  12. Sesama Anak Negeri says:

    Salam Persatuan Kepada Saudaraku Semua

    Kebanggaan Sebagai Anak Negeri. Jiwa Persatuan sebagai Bangsa Indonesia akan selalu tergurat di dalam diri. Tekad dan Harapan Menjadi Negeri Yang Besar tak akan pernah pudar oleh apapun. Semua berpadu menjadi sebuah Harapan yang bersandar pada Sosok Sang Pemimpin. Sang Pemimpin yang mampu mewujudkan semua itu. Sang Pemimpin Harapan Kita. Harapan Bangsa dan negeri Indonesia.

    Komen lengkapnya (sekitar 2500 chars atau 200 baris) sudah di pindahkan ke blog baru: http://pemimpinbesar.wordpress.com.

  13. Lambang says:

    Updated at 29Oct09 19:50

    Weleh… weleh…

    Mas “Sesama Anak Negeri”, terima kasih atas kunjungannya.

    Tapi gini ya mas…
    Visi dan misi yang Anda sampaikan cukup menarik, mengenang kejayaan masa lalu, dan berharap agar kejayaan itu akan berulang kembali.
    Tapi berhubung komennya terlalu panjang dan tidak layak lagi untuk di tampilkan di sini, maka saya buatkan blog baru untuk menampung tulisan ini, yaitu di http://PeminpinBesar.wordpress.com.

    Silakan melanjutkan karya Anda di sana. Nanti semua username dan password akan saya berikan kepada Anda dan selanjutnya saya sudah tidak ikut mengelola blog itu lagi.

    Selanjutnya, silahkan promosikan blog itu kemana-mana cukup dengan hanya komen 2 atau 3 baris. Kalau perlu cantumkan link khusus, walaupun secara default link itu akan muncul pada nama komentator.

    Dari gaya penulisan Anda, saya bisa menilai bahwa Anda memiliki bakat menulis yang cukup bagus. Tulisan Anda rapi dan terstruktur. Tentunya dengan adanya blog baru itu, Anda akan lebih bebas berkreasi dan menyebarluaskan semua persepsi dan imajinasi Anda.

    Oke mas, selamat berkarya.

    Salam Damai Selalu.

    • lovepassword says:

      Hidup ..Merdeka..Merdeka…SIP..SIP…- Lha wong orang lagi semangat juga ( Hi Hi hi…) . Lha emangnya di WP nggak bisa dibatasi komentarnya sampai maksimal berapa char gicu ? ( melet mode on)

      Eh, Mas Lambang kamu dapet penghargaan lho di blognya Jephman di Antimualafisasi.

      ======================
      :: Merdeka! Hidup Pemimpin Besar!
      Makanya tak semangatin lagi biar mengelola blog sendiri… lebih bebas ber-ekspresi. Di WP ngga ada batasan maksimal komen. Keknya mau 500 halaman juga bisa… hehehe….๐Ÿ™‚

      Coba tak lihat ke tempat Jephman…
      ======================

      • batjoe says:

        hahahhahahhahaaa
        emang enak blognya penuh komentar yang panjang.. jangan marah bener tuh kata mas LOP kenapa harus di batasin…

        mungkin salah kali ya masuknya harusnya masuk ke rumahnya kang boed yang lagi buat CEO-CEOan tetang bangsa ini heheheheee..

        salam kangen semuanya…

        ======================
        :: Hihihi…
        Enda marah koq, cuman kasihan sama pengunjung lain yang mesti scroll bolak-balik. Dan lagi kan udah saya kasih penawaran yang lebih baik untuk mempromosikan artikelnya…
        Niru QOTD-nya mas LP di blog JelasNggak tentang poligami:
        “Tidak setiap perbuatan yang menyakitkan hati orang lain berarti salah, begicu juga sebaliknya Kebenaran tidak dinilai sekedar apakah orang lain senang atau tidak.”
        Siiip!….๐Ÿ™‚

        ======================

      • batjoe says:

        mudah-mudahan nanti malem udah bisa apdate mas komputerku dan speddy kena virus terus ndak tahu dipakai temen-temen untuk apa…??

        mas lambang saya lupa emailnya kemarin mohon dikasih lagi hihihihi
        biasa murid bandel harus berkali-kali direndem hahahahahaaa

        ======================
        :: Email saya di:
        islamabangan@gmail.com.
        Kena virus tuh biasanya kalau dipakai masuk ke X-Sites atau nyari password crack.
        Kalau nyang bening-bening keknya ngga pernah lupa deh…๐Ÿ™‚

        ======================

  14. sikapsamin says:

    Bahwa daripada saya juga kena marah, akhirnya saya INGIN mengurangi keINGINan saya utk berkomentar…
    Semoga keINGINan agar ada keDAMAIan terwujud

    Salam INGIN DAMAI

    ======================
    :: Hehehe.. enda marah koq mas, hanya mengingatkan cara yang benar (menurut saya). Daripada diem-diem komennya saya hapus kan enda bagus. Itu malah saya buatkan blog baru buat mas Anak Negeri. Komennya yang puanjang itu sudah saya pindahkan ke sana. Ybs bisa buat artikel atau komen sepuasnya… tinggal promosi blog aja…๐Ÿ™‚
    ======================

    • lovepassword says:

      Sudah dibuatkan blognya tho ? Lha linknya mana mas Lambang? Alamat blognya Mas Anak Negeri. Kali-kali saja aku mau berkunjung. Salut dengan semangatnya๐Ÿ™‚

      ======================
      :: Alamatnya ada di:
      http://PemimpinBesar.wordpress.com
      Semangatnya cukup tinggi, dan kalau didukung siapa tahu bisa jadi calon presiden atau calon aggota dewan 2014.
      Wah, tapi dunia udah ancur duluan ya di tahun 2012…๐Ÿ™‚

      ======================

      • batjoe says:

        wah enak ya orang lain dibuatkan blog secara cuma-cuma lha saya yang mati-matin direndem dan disembur ndak juga diangkat jadi adik asuh wlah ndak adil aku protes!!!!!

        main-main mas…
        salut dan teap semangat buat mas lambang yang udah berbaik hati selalu membrikan artikel dan pemahaman yang saya kira sudah sangat saya pahami…

        ======================
        :: Bikin blog kan enda sampai 10 menit dah selesai.
        Labih susah lagi bikin artikel cara pasang YouTube itu lho. Itu makan waktu 1 – 2 jam dan sengaja dibuat khusus untuk mas Batjoe…:mrgreen:

        ======================

      • batjoe says:

        yayayaya
        nyingung mene?
        yo aku oon kok tapi kan tetap bisa hehehehehehe

        mas lambang aku ada kirim email tolong dibaca ya dan kasih koreksi atau setidaknya ditambahin biar asyik gitu lho..

        makasih mas lambang saya tunggu jawabannya..

        ======================
        :: Udah saya balas kembali emailnya mas…๐Ÿ™‚
        ======================

  15. sikapsamin says:

    Met siang mas Lambang, saiki kembali ke lap-top, nanya serius tenan, mohon paparannya:

    Ref. Judul artikel diatas : Akal, Pikiran, Emosi/Hati,….kalau dianalogikan dengan kegiatan Internetan,…ada Modem, Komputer/HP-‘CPU’ (Hardwares) dan OS/Application(Softwares), kira2 penjelasan padanannya bagaimana?

    Maaf bila kurang pas dan tks sebelumnya.
    Salam…..

  16. Lambang says:

    Selamat malam mas SS,
    Maaf baru sempat balas komen.

    Kalau menurut artikel itu, Akal adalah sistim operasi yang menghasilkan pemikiran. Ini bisa dianalogikan sebagai CPU lengkap + OS + browser + modem + jaringan internet. Pada mulanya (waktu dilahirkan) akal itu kosong. Semua data dan informasi yang masuk sejak lahir sampai dengan saat ini, akan menjadi database yang digunakan sebagai acuan yang membentuk karakter, sifat, sikap, personality dan sudut pandang kita saat ini.

    Kemudian, pikiran adalah browser + modem + jaringan internet itu. Apa yang akan kita browsing, sangat tergantung apa yang ada dalam database tadi. Kalau database-nya isinya tentang hal-hal yang ngeres, yang dicari ya Miyabi atau JAV. Kalau database-nya isinya pemahaman agama dan kebetulan gurunya adalah dari aliran keras, maka yang dicari adalah apa itu kafir, siapa yang harus dibunuh, apa hukum berjihad dan sebagainya.

    Nah, untuk kembali ke kondisi yang fitrah, sesuai dengan kondisi kosong pada waktu lahir, database itu harus di-format. Dikosongkan melalui sarana meditasi, dzikir, suluk atau kontempalasi. Dan selanjutnya diisi kembali dengan pemahaman baru yang bersumber dari guru baru, artikel baru, referensi baru dan sebagainya. Ini tidak menjamin database-nya akan menjadi benar. Tapi minimal sudah ada pembanding dengan database masa lalu, sehingga diharapkan database yang baru ini bisa lebih baik dari database sebelumnya. Kalau masih ngga bener ya terpaksa di-format lagi. Kalau di Buddha ini disebut dengan lingkaran Samsara yang akan terus berulang sampai ybs mendapatkan pencerahan sejati.

    Mudah-mudahan mas Sikap Samin cocok dengan analogi saya itu. Kalau kurang pas, mohon maaf.

    Salam Karaharjan.

  17. sikapsamin says:

    Matur nuwun mas Lambang, tapi malah lebih penasaran, maaf lho ya…
    Pertama, tambahan pertanyaan saya sebelumnya yaitu tentang ‘intuisi’ ;
    Kedua, berkait penjelasan mas Lambang soal diformat/dikosongkan, apakah semacam ‘brain-drain'(maaf kalau salah ejaan) yang terkenal juga dg istilah ‘cuci-otak’? Bedanya dg ‘soft/hard-reset’ dan kemungkinan dampak positif/negatifnya sejauh mana (berkait perilaku tadi)?
    Hi..hi..mumpung kuliah gratis.

    Sekali lagi terima kasih atas penjelasan diatas, dan semoga saya msh mendapat penjelasan lagi.

    Terimakasih mas,…maklum lulusan UGD
    Salam…..

  18. Lambang says:

    Saya cari pertanyaan tentang intuisi itu enda ada lho… Tapi enda papa, saya sampaikan pendapat saya pribadi ya mas.

    Intuisi itu lebih kearah kemampuan supranatural untuk mengenali pertanda. Ada beberapa pertanda yang diberikan Tuhan dalam bentuk wujud nyata, tetapi ada juga pertanda yang diberikan dalam bentuk roso. Kalau ini jelas karunia yang berbeda-beda bagi setiap manusia. Ada yang bisa memperoleh karunia itu dengan cara olah-roso atau meditasi. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana menghubungan pertanda itu dengan keyataan yang terjadi, karena pertanda itu sangat samar, dan tidak terdeteksi oleh orang awam.

    Practice makes perfect, katanya wong londo. Jadi kalau kita selalu gothak-gathuk antara pertanda dan realitas, lama-lama jadi punya database referensi semua pertanda. Kalau langit gini, awan gini, matahari gini, bumi gini, dan roso gini, maka ini adalah pertanda tentang suatu kejadian ini.
    Karena pertanda itu sangat samar, banyak yang salah meng-interpretasikan. Yah wajar saja, namanya menungso. Lain halnya kalau menggunakan bisikan ghaib, pertanda itu bisa kita terima dengan lebih jelas, walaupun keakuratannya juga masih disangsikan. Tapi saya kurang cocok dengan bisikan ghaib ini, karena energi Tuhan sudah jauh melebihi segala yang ada.

    Tentang format akal, sebetulnya maknanya bukan dikosongkan, bukan brain-drain dan bukan cuci-otak. Tapi menghilangkan semua pagar pembatas pemahaman yang selama ini menjadikan kita seperti katak dalam tempurung. Contohnya, jangan berandai-andai tentang Tuhan, karena sudah disebutkan di ayat gini-gini. Atau contoh lain, setan itu musuh Tuhan dan diciptakan untuk memusuhi manusia. Contoh lain lagi, surga itu gini, neraka itu gini, dan ini diperuntukkan bagi orang-orang yang gini. Ini menjadi pagar penghalang pemahaman. Dikit-dikit kita akan menghakimi orang lain dengan tuduhan dosa, neraka, kafir, musyrik, atheis, tidak beriman, dab berbagai tuduhan lainnya.

    Kalau pemahaman kita lebih terbuka, mencari referensi tentang hakikat Ketuhanan, konsepsi Ketuhanan, dan berbagai pertanyaan yang selama ini tidak bisa dijawab karena adanya batasan pagar dan dogma agama, diharapkan kita akan lebih memahami tentang Tuhan dan alam semesta ini. Sayangnya, konsepsi Ketuhanan ini lebih banyak dijabarkan di agama Hindu, Buddha dan Kejawen, bukan di agama Islam.

    Singkatnya mungkin gini, lepaskan dogma, pelajari konsepsi Ketuhanan dan agama, setelah itu silahkan pakai dogma lagi kalau masih merasa cocok.
    Kalau kita masih terkungkung dengan pemahaman bahwa Tuhan itu Maha Besar dengan segala adzab dan siksanya, maka kita akan hidup selamanya dalam ritual yang berisi ketakutan spiritual. Bukan dengan cinta dan kasih sayang.

    Yah ini hanya pendapat saya yang cuman bisa omdo mas, monggo silahkan dikaji lebih lanjut…

    Salam Karaharjan.

    • m4stono says:

      waaaa curang……….kalo sama mas samin aja ilmunya baru keluar, kalo sama saya malah diumpetin, yg dikeluarin malah mbak miyabinya…hihihi……………ayo mas lambang lanjutin pencerahannya, biar kita2 ini bisa ngangsu kawruh sama panjenengan, jgn pelit2 lho! kalo akhirnya bilang “semua hanya ilusi dan persepsi” siap2 nyiapin plinthengan:mrgreen:

      ======================
      :: Wuah, lha kalau ngajarin KangTono itu kan seperti nguyahi segoro…๐Ÿ˜†
      Padahal nanti akhirnya bakalan ngomong “semua hanya ilusi dan persepsi” itu tadi… lha koq udah ketebak duluan…

      ======================

    • batjoe says:

      pindahin aja lagi keblog yang laen hahahahahahaha
      kan pinter buat blog baru cm perlu waktu 60 menit tanpa 200 rb
      hihihihihihihi..

      kabuuuuurrrrrrrrrrrrrrr……

      ======================
      :: Bawa plinthengan nguber mas Batjoe…
      ======================

  19. sikapsamin says:

    Mm..mm..mm.., whaahh padhang-jingglang iki,

    Maaf, intuisi memang pertanyaan tambahan saya, kok mas. Jebul uraiannya duuoowwoo…
    Tapi ada kemiripan dg istilahnya simbah soal ‘ilmu titen’ to?!

    Matur sanget nuwun mas Lambang, lain kali tanya lagi.
    Sebenarnya masih banyak sih, tapi kelihatannya mas Kumbokarno eh m4stono agak uring2an. Kumbokarno gedhene ngungkuli gunungan…ngamuk malem Jemuah sisan, dalange nek kurang ati2 tangane bisa kesleo, je..hi..hi..hi..
    Tapi saya sering mau mampir ketempat m4stono, agak ruwet hrs liwat disqus segala. Awal2 dulu pernah bisa, bar kuwi lali…maklum
    Salam aja m4stono, nanti kapan2 saya coba lagi main kesana.

    Sekali lagi matur nuwun sanget, mas Lambang
    Salam…Intuisi

  20. Lambang says:

    Hihihi… ternyata uraiannya panjang juga ya. Saya juga kaget sendiri je. Mungkin juga mirip dengan ilmu titen. Maksudnya niteni rondo kempling mana yang sering lewat depan rumah gitu kan mas?

    Wah iya, tadi lupa ngasih kembang sama kopi pahit kopi manis buat KangTono Kumbokarno, biar ngga kesurupan…

    Salam.

    • m4stono says:

      @mas samin
      monggo2 mas mampir…o ya rumahnya kok gak pernah diapdet yah…..sebenarnya mo request cara dan pola hidup sedulur sikep itu sekalian ama potonya…….

      @kang lambang
      salah mas saya gak suka kopi pahit ….sukanya banana split ama jus alpukat sama pohonnya…kalo rokok sampurna mild aja yah…..sekalian ama mbak miyabinya…hihihihihi

  21. sikapsamin says:

    Nyuwun ngapunten lagi mas Lambang, nderek langkung…,

    @ kimas m4stono (juga @ mas Lambang dan para Sedulur lainnya yang berminat),

    Tentang artikel/referensi yang cukup detail, obyektif-ilmiah, mangga silahkan klik situs :
    http://saminist.wordpress.com/ ;
    http://id.wikipedia.org/wiki/Ajaran_Samin

    Tapi memang, entah bagaimana mula-bukane sifat ‘meneng’ para sedulur samin, kelihatannya sulit berubah, termasuk saya walaupun saya ibaratnya sdh biayayaan kesana-kemari… Wis mbalung-sumsum

    Satu hal yang bisa sedikit saya singkap yaitu tentang keakrabannya thd keseimbangan lingkungan, kalau mau nebang satu-pohon, jauh sebelumnya hrs menanam beberapa pohon sejenis yang akan ditebang, satu lagi yaitu tentang Dagang/Niaga termasuk katakan menjadi salah satu pantangan, walaupun akhir2 ini sdh meluntur…

    Sumangga… Maaf mas Lambang ngrusuhi, matur nuwun

    Bhinneka Tunggal-Sikep
    Bakuh-Kukuh-Utuh…NKRI
    Samin adalah Sikap

    • m4stono says:

      wah makasih mas…ntar baca2 dulu………

      memang banyak yg bisa diambil pelajaran dari para sedulur sikep ini…..tapi ya…nuwun sewu lho…kalau perniagaan ndak boleh ya bisa repot ntar, mungkin yg dimaksud adalah menggunakan uang yg ndak boleh, kalo ini saya setuju2 saja……….kalo yg menebang pohon itu saya setuju sekali…ini seperti ajaran di pesan trend ilmu giri di bantul asuhan KH Nasrudin Anshory, kalo kita punya anak satu maka kita harus menanam pohon jati dipekarangan rumah 1, ntar kalo anaknya dah besar dan btuh biaya byk maka ndak perlu repot2 lagi nyariin utangan…tinggal tebang aja pohon jati itu lalu jual….tapi ini kan didesa, kalo dikota mungkin pake reksadana/deposito hihihihi….intinya kita harus memikirkan dampak dari perbuatan kita membikin anak jauh2 hari…kan kebanyakan remaja sekarang ijap sah dulu baru ijasah…hihihihi…ato pacaran kebablasen lalu cus plenthung…ibunya si cewek bingung lha si cowoknya ndak tanggung jawab…hihihihi…..

    • Lambang says:

      Iya mas… saya baca-baca dulu… panjang-panjang sih…
      Memang selama ini saya ngga pernah dengar tentang masyarakat Samin itu. Ngga tahu saya yang katro apa memang ngga ada publikasinya.
      Supaya mbalung sunsum-nya hilang, sepertinya harus meguru ke KangTono, yang sudah dikenal sebagai pakar kejiwaan dan laku hidup yang baik itu.

      Salam.

      • m4stono says:

        Supaya mbalung sunsum-nya hilang, sepertinya harus meguru ke KangTono, yang sudah dikenal sebagai pakar kejiwaan dan laku hidup yang baik itu.

        ===================================

        muahahahahahahah….pakar kejiwaan bocor alus๐Ÿ˜† blom tahu saya sih…..coba kalo sudah tahu….pasti jijik, gilo, bisa meriang 7 hari, napsu makan hilang 40 hari…. emangnya ketemu pocong :mrgreen:

        ======================
        :: Hihihi… keknya malah bagus gitu Kang. Sekalian buat uji nyali pasien. Kalau lulus, ada kemungkinan bisa sembuh. Kalau malah girap-girap pasiennya dikasih ongkos pulang aja, daripada manggil ambulan malah lebih mahal.๐Ÿ˜†
        ======================

  22. Robinson Agus Sihotang says:

    @ Lambang

    waduh mas Lam … posting dan uraiannya memusingkan kepala hehehe. Banyak pikiran kali.
    Maklumlah mas, kalau sudah jenuh mulai mikirin biaya rumah tangga dan anak istri maunya baca yg ringan-ringan. Tapi bagus koq blog mas ini…
    Saya kurang ngerti bikin-bikin blog, bikin avatar atau lainnya seperti para sdr-sdr lainnya yg saya lihat disemua blog , habis tidak pintar nuangkan ide tulisan dsb. hehehehehe

    Salam kasih ya mas

    ======================
    :: Makasih mas atas kunjungannya.
    Sebetulnya buat blog dan lain-lainnya itu ngga terlalu sulit koq.
    – Buat account Gmail, 5 menit
    – Buat blog, 5 menit
    – Mengatur layout dan link, 30 menit
    – Cari dan crop avatar, 20 menit
    – Jumlah = 60 menit.

    Kalau billing rate-nya 200 rb per jam ya tinggal di-transfer setelah selesai… *halah… matre banget…*

    Kalau berniat buat blog, bisa saya bantu via email. Gratis koq.
    Siapa tahu bisa berbagi artikel tentang pengalaman di Perancis sana. Mungkin masalah kemanusiaan, kesetaraan gender, kehidupan beragama, sejarah masa lalu, otomotif, fashion, dan lain-lain…๐Ÿ˜‰

    Salam Damai.
    ======================

  23. sikapsamin says:

    Whaahh…saya ketiduran mas Lambang,

    Jebul mas M4stono itu pakar kejiwaan to?
    Jadi mestinya secara lengkap penulisan nama beliau adalah Dr.M4astono. SpJ, gitu ya?
    Maaf Dok, lha saya baru tahu. Praktek di RSJ mana, siapa tahu suatu saat perlu konsultasi.. Hi..hi..hi.., jadi ingat cerita sahabat pakde saya disuatu RSJ, kebetulan ada kunjungan dari DepKes Pusat.
    Pada acara tinjauan keliling, pejabat pusat tadi menegur salah seorang pasien yang sedang asyik memancing dibebatuan/kerikil halaman RSJ, dialognya kira2 begini : Sudah dapat ikan berapa? Karena sipasien tetap diam/asyik memancing, pertanyaannya diulang ‘Sdh dpt ikan berapa’. Sipasien menjawab: ‘he..he..he..pak Dokter sdh gila ya, lha wong mancing dikerikil kok ditanya dpt ikan berapa’.

    Wis..ah, kumat bocorku.
    Saya daftar konsultasi Dr.M4stono, SpJ…
    hi..hi..hi..mblayu dhisik ah…

    • m4stono says:

      jiwa itu jiwo…siJI tur doWO…lha apa sing diduweni menungso kang awujud siji tur dowo?? … :mrgreen:

      • TukiPon says:

        kang saya nyoba njawab ya… bener orane embuh aku ora ngerti…
        DUPA Tanpo Wujud… kang awujud manungal pancer sak sodo lanang marang Allah/Tuhan/GUSTI/Sang Hyang Manon Kang Moho Welas, Moho Asih, Kang Moho Rokhim… nek ning istilah ARAB Tauhid…
        iki salah yo kang… nek salah tulung di benerke…
        Mlayu maning hihihihi

    • Lambang says:

      Nama lengkapnya Dr.M4stono, SpJ, BA. Dosen Senior di UGM. Prakteknya di RS Sarlito W Sarwono.
      Bagian Rehabilitasi Cacat Mental dan Gagal Persepsi.
      Khusus menangani pasien yang mengidap schizophrenia dan sering berilusi ketemu The Master.

      • m4stono says:

        selamat! andalah pasien pertamaxxxx saya… :mrgreen:

        ======================
        :: Kata Akismet kulitnya pahit, dilepeh lagi.๐Ÿ™‚
        ======================

  24. m4stono says:

    hiiiyaaaaaaa mosok kumbokarno gedene sak gaban iso diuntal askimet………………..

  25. Wah! Iki ceritane jadi ttg kesadaran sederhana toh. Ato, niki loh cara berpikir kosmis era belakang sejarah tea, kitu? Wah, aku bisa klolotan kitu mah!

    Apa setiap berakal selalu hrs ada pikir?
    Dan setiap berpikir hrs selalu ada akal?
    Si Bungsu Sea Gull belum kelar kupikir!

    Salam Pikir Tiga!

    ======================
    :: Setiap berpikir harus selalu ada akal.
    Karena akal adalah penggorengan.
    Dan pikir adalah ikan yang digoreng, kitau lah yauw…

    Salam Kloloten Kitau!๐Ÿ™‚
    ======================

  26. Sing ta’ goreng-goreng!
    Apa berinsting pun hrs selalu berakal?
    Dan, kan bisa tiba-tiba mikir atau kepikiran atau tiba-tiba merenung berpikir dalam-dalam sebangun dari mimpi dahsyat? Berarti akal bisa dipisah bentar, kitu!

    Salam Tahu Goreng!

    ======================
    :: Kalau instink mamalia mah enda perlu pakai penggorengan akal.
    Nah, kalau tiba-tiba mikir itu sumbernya dari database akal itu. Dirangkai-rangkai, atau otomatis terangkai dalam hitungan milisecond, membentuk kesadaran baru, atau mimpi hasil rangkaian pengalaman itu. Pernah enda mimpi melihat satu benda yang belum pernah dilihat sebelumnya? Keknya enda mungkin… karena belum masuk database akal…
    CMMIIW!๐Ÿ™‚

    ======================

  27. Gerakan reflek itu insting primitif yg ada pada kita, pd semua yg hidup, termasuk ada pd akar tanaman atau bakteri. Proses reflek itu yg kumaksud insting di atas yg tak perlu akal pikir keknya.

    Aku setuju bahwa akal itu himpunan alam pikir dan alam insting itu, Brath. Saat kanak akalnya dangkal-dangkal karena jangkau pikirnya pun pendek-pendek seiring dgn bicara mereka pun sederhana saja. Setelah DEWAsa semua menjadi komplek terlebih setelah menyadari bahwa sesungguhnya diri ini bukan dari dunia ini (metacognition tea), termasuk mungkin dgn insting rohani. Semua berkoneksi dan berinter koneksi tentunya.

    Yah!
    Pada prinsipnya penjelasanku itu sekedar kita masih bisa membedakan secara tegas antara akal dan pikir itu, walau mungkin mereka berbeda ruang dan waktu secara mikroskopis banget lah.

    Salam Kosmis!

  28. Lambang says:

    Sip lah itu… Metacognition memang perlu.
    Termasuk mem-format kembali akal yang sudah terlalu penuh dengan hal-hal yang ngga masuk akal, tapi sudah terlanjur masuk.

    Salam Format!

  29. qarrobin says:

    @Mas Lambang,

    ini ada sedikit tentang wahdatul wujud

    http://qarrobin.wordpress.com/2009/11/16/teori-kosmos-ibn-araby-dan-shadruddin-al-qanawy/#comment-661

    ======================
    :: Makasih mas Qarr, nanti saya baca-baca.๐Ÿ™‚
    ======================

  30. […] adalah mentransformasikan semua pikiran, kata-kata dan tindakan dari negatif ke positif. Setiap pikiran, walaupun hanya sekilas, demikian juga setiap kata, apapun maksud yang ada dibalik kata tersebut, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: