Wanita Dilarang Naik Ojek

saudi_woman.jpg
image source: http://www.themuslimwoman.org

Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri se-Jawa Timur melarang wanita untuk berprofesi menjadi tukang ojek. Larangan juga diberlakukan bagi penumpang ojek wanita, dengan beberapa catatan.

“Hukum naik ojek bagi kaum wanita tidak diperbolehkan, kecuali bila terhindar dari fitnah (hal-hal yang diharamkan),” tulis dokumen Hasil Keputusan Bahtsul Masa’il Ke-XII Forum Musyawaroh Pondok Pesantren Putri se-Jawa Timur, yang diterima VIVAnews.

Artikel selengkapnya bisa baca di sini:
Wanita Dilarang Naik Ojek

38 Responses to Wanita Dilarang Naik Ojek

  1. m4stono says:

    kemarin iseng2 search engine ada situs namanya jilbab dot eu….tapi isinya agak miyabi:mrgreen: mungkin yg buat nyindir yg pake jilbab…..

    ya itulah kalo selama wanita menjadi obyek pelengkap penyerta penderita dari laki2, alasannya sih macem2 tapi yg umum “demi melindungi martabat wanita dan supaya terhindar dari api neraka”

    ….tapi whatever lah selama si wanita menikmati dan bahagia ya ndak masalah to, asalkan semua itu tanpa paksaan, toh juga ulama2 yg buat fatwa itukan laki2 semua keknya, sedangkan pendapat wanita “dikebiri” dianggap tidak ada dan ndak dipakai…..juga si ulama tsb tidak pernah merasakan jadi wanita:mrgreen:

    wah kalo pake jilbab tapi mukanya mupeng keknya bukan salah mukanya deh, tapi salah pikirannya orang yg ngeliat:mrgreen: kalo pikirannya udah mupeng ya liat gandhul/pepaya seperti gondhal gandhul…..hihihihihi sesama mupeng dilarang saling mendahului

    ======================
    :: Keknya kalau mupeng itu bawaan lahir.🙂
    ======================

    • Fotonya bagus Brat!
      Ada lalu-lintas data yg serius antara pesona kiri dan kanan. Yg tengah tak tampak apa-apa selain serem dan menakutkan saja. Di dalam yg hitam itu pun kemungkinan besar adalah perempuan. Ya, itu hanya kemungkinan, selebihnya tampak tidak penting dia ada di situ.

      Salam Damai!

      • Editin dong Brat!
        iri itu kiri
        kan itu kanan

        Tq!

        ======================
        :: Oiya, udah tak betulin. Kirain sengaja diplesetin seperti biasanya.🙂
        ======================

  2. lovepassword says:

    Mungkin maksudnya nggak gitu, tetapi bagaimanapun yang namanya fatwa keagamaan manapun tidak cuma melangit tetapi juga membumi. Lha selain bisa melarang mestinya ya ngasih solusi, misalnya dari sisi mereka , mereka mengupayakan mal khusus wanita, bis khusus wanita, dsb. Lha itu namanya solusi terlepas debatable apa nggak. Lha kalo nggak ada solusi sama sekali, yah sama saja wanita dikurung di rumah nggak boleh beraktivitas dan berinteraksi dengan manusia lain.

    Kalo misalnya wanita dilarang naik ojek yah bagus itu. Sediain saja mercedes…satu-satu, gratis dijamin nggak ada yang protes.🙂

    ======================
    :: Ide yang bagus itu.🙂
    ======================

  3. sikapsamin says:

    “Menurut Nabil, Forum ini diikuti 258 peserta yang berasal dari 46 Pondok Pesantren besar di Jawa Timur. …”
    ___________________________

    Hihihi…inilah “Musyawarah Burung” versi Pondok Pesantren, BUKAN versi Farid’uddin Attar… Yaa mau koment apa..?, daripada…

    Tapi saya mencoba cara/jalan alternatif, khususnya mencegah timbulnya syahwat laki2, tapi para wanita tetap aman beraktifitas…seyogyanya membawa “JEPRETAN-TIKUS”… atau apalah sejenisnya… Gitu aja kok repot…

    ======================
    :: Kalau kejepret sendiri gimana? Mendingan pakai gembok.😀
    ======================

  4. Ibeng says:

    no comon !

    ======================
    :: Comon aja, ngga papa koq.🙂
    ======================

  5. tomy says:

    Bagi saya pendhereknya Sang Hyang Batara Kala, Lingga Yoni adalah sebuah pencapian spiritualitas yang tinggi seperti juga istilah Jawa Curiga Manjing Warangka
    Yaitu Sang Kesadaran Agung telah kembali kepada Sang Atma…maka oleh agama bumi dari timur lingga yoni diperlihatkan ditempat ibadah sebagai ‘spiritual education’ bukan sesuatu yang jorok & bikin horny
    Tapi mohon maaf sangat bagi agama dari Timur Tengah yang mungkin tingkat spiritualitasnya agak kurang mereka memandang kelamin laki & wanita pasti menimbulkan nabirong…nafsu birahi merongrong…
    Maka segala hal difatwakan haram biar enggak bikin bikin mupeng

    Nyuwun ngapunten Mas Lambang komen sekenanya aja nih.. dasar buta cakil

    • m4stono says:

      setahu saya monas itu juga simbol dari lingga yoni…pak karno ki jan puiiinter tenan……cobo nek manuke gedhene sak monas, mantep tenan:mrgreen:

      ======================
      :: Itu mah gothak-gathuk… mosok kepalanya kecilan…🙂
      ======================

      • ahmed shahi kusuma says:

        mastono, aku kenal sampeyan lewat bloge Mas Lambang. Wis tak tengok, bagaimana cara kasih komen???

      • m4stono says:

        bener mas…tenan ki…pernah ke monas to….paling nggak baca bukunya yg ada dimusium….lingga/burung nya itu monas sedangkan yoni/sarang burungnya itu tamannya CMIIW…..kalo dibuat mirip burung betulan lha bisa repot ntar monas jadi tempat lempar jumroh baru bagi FPI:mrgreen: atau tempat favorit syuting vivid video:mrgreen:

        ======================
        :: Lha saya masih belum pernah masuk Monas je… Waktu acara ekskul SMA dua bulan lalu saya ngga ikutan sih… *halah*
        ======================

      • m4stono says:

        o iya lupa mas ahmad kalo mo komeng tinggal komeng aja …gak usah ndaptar tinggal post as guest

  6. ahmed shahi kusuma says:

    Mas Lambang, mau gak tak kenalin temanku, mau komen di sana???? nih alamate yang [ini]

    ======================
    :: Oke mas… cekidot…
    Ternyata komenku disana dihapus.
    Yo wis, link dia juga tak hapus…🙂

    Update: Link muncul lagi karena komen saya udah nongol lagi di sana.
    ======================

    • m4stono says:

      hihihihi…www.sentimen ndot com…:mrgreen:

      ======================
      :: Bukan sentimen koq. Hanya membalas kebaikan dengan kebaikan. Beliau sudah berbaik hati menghapus komen saya yang mungkin diduga aneh, maka sayapun berbaik hati menghapus link ke artikel beliau yang menurut saya aneh juga. Sekedar menghindarkan beliau disikat rame-rame oleh muslim dan kristen.🙂
      ======================

      • m4stono says:

        emang isinya agak mupeng yah…hmmm…padahal blom tak intip lho….link nya kang plis yah…sekedar buat hiburan pengganti srimulat:mrgreen:

        kalo saya sendiri biasanya cuman mengamati sesekali, pinginnya sih ikutan tapi ya buat apa nyari penyakit, toh yg kita “nasehati” atau kita debat juga pasti punya pikiran yg sama utk ‘menasehati’ kita….dijamin gak bakalan nyambung wong sedari awal niatnya sudah ndak baik pasti ya kesononya akan melihat sisi jeleknya terus :mrgreen:

        ======================
        :: Sekali-kali perlu juga Kang ikutan debat agama untuk melatih emosi kita. Apakah masih bisa tetep sabar kalau dibilang kafir, musyrik, murtad dan berbagai nama satwa liar maupun satwa peliharaan.
        Link-nya udah tak munculin lagi tuh di atas, karena komen saya juga udah muncul lagi…🙂

        ======================

      • m4stono says:

        ooo cuman gitu thok….masih kalah sama punyanya om jip:mrgreen: , tapi yg punya om jip msih kalah sama FFI….:mrgreen: lha tingkatan yg paling mengerikan adalah di forum Debate clubnya kaskus dijamin suaaangaar tiada duanya, tapi itu sebelum kaskus reformasi, beruntung saya bisa “menikmati” kesangaran hujat menghujat, pokoke lengkap ada yg kotoran, bawah perut sama bulu2nya:mrgreen: , kebun binatang….mas lambang kalau mbaca pasti gak jadi esmosi malah kepingkel2 sendiri…maklum lah yg ngaskus kan bisa bikin klonengan sebanyak mungkin dan “dijamin” kerahasiaannya:mrgreen: ….ntar tak kasih contoh “guyonannya” tapi ndak enak ah ntar banyak yg sakit ati….tapi “sayang seribu sayang” sekarang kaskus sudah anti rasis…. :mrgreen:

        ======================
        :: Dari IP bisa kelacak lho.😎
        ======================

      • batjoe says:

        hihihihihi makanya ndak udah ikut-ikutan wes tue kabe…
        mending cari yang bening-bening aja heheheheh
        ayo semangat lagi buat yang seperti rok ala jepang tuh bikin semangat nyari tambahan di google hhehee eh salah hihhihiihi aja dech

        ======================
        :: Padahal mas Batjoe sering ikutan nongkrong di lokasi debat… hehe…🙂
        ======================

    • batjoe says:

      lha kalau saya sich emang maunya nyoba ndk bisa banting aja berez…..
      wong cuma ilusi di komputer doang kok hehehehehe

  7. ahmed shahi kusuma says:

    La iyo tah mas????

    ======================
    :: Iya mas. Sepertinya memang masih belum memiliki kontrol emosi yang prima seperti kita-kita dan teman-teman yang sering mampir kesini… *halah*🙂
    ======================

  8. sikapsamin says:

    Sssttt…sesama tukang-ojek dilarang saling ngrasani…
    Itu lho…ada yang semlohay keknya mau naik ojek.., ayo giliran siapa sekarang, saya baru saja datang…hihihi…wong tukang ojek pakai kontrol emosi barang…

    ======================
    :: Iyaya… lupa profesi sebagai tukang ojek yang harus emosian. Kalau ngga bayar langsung hajar atau dimasukin got.🙂
    *jadi inget artikel mas Batjoe*

    ======================

    • batjoe says:

      wah lama ndak mampir kena senggolan juga disini..
      iya emang sich pulang kerja terus ngerangkap jadi ojek lumayan bisa untuk pijet ma mba ani disebelah kantor hehehehehehe
      sekalian dianter pulang naik ojek hihihhhihi

      ======================
      :: Waduh, pijet apa pijet…🙂
      ======================

  9. Ngabehi says:

    Kalau ini kisah nyata, saya dulu pernah jadi tukang ojek, lha penumpang saya itu malah sengaja mepet-mepet je…..
    eee teryata beliau itu memang permau….komersial, tapi berhubung saya ini pengojek profesional…nyatanya gpp tu he he….

    ======================
    :: Hiyaa… ada pengojek profesional juga.🙂
    ======================

  10. ahmed shahi kusuma says:

    @Lambang
    Oh..ya Lambang kembali ke laptop!
    Masalah fatwa ojek, rebounding, prewedding dll, yg berkaitan dengan keanehan fatwa2 NU Jatim akhir2 ini, anggap saja ini PR buat saya sebagai NU from inside ya….
    Nanti tak kupas, perpspektif fatwa, munculnya fatwa, tradisi membaca teks dst.
    Tapi saya trima kasih sampeyan memberi info ini, setelah sebelumnya fatwa Ust. baasyir thd Gus Dur
    dan nyambangi konco ateis ku..hi..hi..hi. Biar dia gak kesepian..wkwkwkw!

    ======================
    :: Oiya soal fatwa itu. Tapi biarin aja deh, namanya manusia kan harus kreatif walaupun kadang kreatif negatif.😉

    Temennya, ALex itu, keknya baru muncul di dunia maya, jadi masih malu-malu.🙂
    ======================

  11. batjoe says:

    lha kalau saya, kalau yang naik laki-laki tak suruh agak jauhan duduknya nanti dikira homo lagi tapi kalau wanita bolehlah deket-deket kan yang penting hatinya ndak “saru” aja…

    boleh ndak mas…

    ======================
    :: Hatinya ngga “saru” tapi pikirannya ngeres ya sama aja mas. Kan kata para pakar spiritual itu hati dan pikiran berbeda.🙂
    ======================

  12. weew.. ini islamisasi atau arabisasi yah.. lama-lama kok makin gimanaaaaaa… gitu yah..

    ======================
    :: Wah enda jelas itu, yang jelas sih banyak bacaan rutin bahasa Arab yang wajib dibaca kalau bersyukur, bersedih, melihat musibah, kesandung, batuk, keselek dan lain-lain.
    ======================

  13. batjoe says:

    ada email… help…sos…

    ======================
    :: Iya mas udah tak bales.
    ======================

  14. m4stono says:

    kalo ojek itu katanya cinta laura “udah bechhyeeek gak ada ojhhyeeeckk” :mrgreen:

    ======================
    :: Haaa… ada rambu lalu lintas lucu yang diplesetkan pakai bahasa dia juga.🙂
    ======================

  15. sikapsamin says:

    Keknya kita perlu diskusikan untuk mengambil ‘sikap-tegas’…

    Gimana kalau kita membuat ”petisi ke KPPU”?!
    Coba ini lihat catatan pendataanku… Semenjak keluarnya pelarangan ini, penghasilanku dari dunia perojekan turun (50 – 60)% setiap harinya… Tolonglah kita pikirkan bersama, solusinya bagaimana…
    Kelihatannya perlu juga memikirkan ‘tumpang-sari/diversifikasi usaha’…

    ======================
    :: Ganti profesi aja jadi supir bajaj. Yang ngga boleh kan ojek. Kalau naik Bajaj dempet-dempetan belum ada fatwanya.:mrgreen:
    ======================

    • lovepassword says:

      Kalo berduaan, yang ketiga setan. Kalo bajaj kan nggak mesti berduaan kalo ojek kan aturannya mesti berdua kalo bertiga ditilang.🙂🙂

  16. Kemarin rebounding dilarang, sekarang ojek dilarang. Besok apalagi, ya?

    Salam Brrrrr ojek ria!

    ======================
    :: Besok dilarang ke pasar.🙂
    ======================

  17. sikapsamin says:

    Saya sedang mencoba mengusulkan sebuah konsep yang saya nama’i “Peraturan Poros-Tengah”, begini : BAGI PARA PENGOJEK DAN PARA WANITA PENGGUNA JASA OJEK “DIPERKENANKAN DENGAN SYARAT MUTLAK DUDUKNYA MENGHADAP KEBELAKANG”…

    Semoga usulan konsep “Poros-Tengah” ini diterima oleh yang berkompeten/berwenang…

    Salam…POROS-TENGAH

    ======================
    :: Kalau ngadep ke belakang repot pegangannya.🙂
    ======================

  18. m4stono says:

    malem kang……

    gimana mainan barunya…….

    mendingan sebelum beli, nyoba dlu yg gratisan di co.cc hostingnya pake yg gratisan

    ======================
    :: Oiya. Lagi seneng-senengnya punya mainan baru untuk menggantikan yang Imajinar itu. Edit template dan pasang macam-macam. Entar tak kasih tahu kalau udah jadi. 🙂
    ======================

  19. Wah!

    Wanita dilarang ngojek,
    Guru dilarang ngobjek,
    Ibu Guru ya dua-duanya.
    Jekpot amat dia!

    Aya aya wae …!

    Salam Damai!

    ======================
    :: Wanita memang sering diperlakukan semaunya. Padahal peradaban ini ada karena wanita juga.🙂
    ======================

  20. iiN says:

    semua serba nggak boleh…….. aneh ya.. gmn kalo sekalian aja, nggak boleh ada tukang ojek di jawa timur..🙂

    ======================
    :: Ide yang bagus mbak. Entar tak usulin ke mas Ahmed dari NU Jatim itu.🙂
    ======================

  21. Kesian deh lo iN!

    Ataw, bilang aja begini:
    “Nabi Adam dgn satu larangan aja ngak kuat,
    Apa putri Indonesia kuat dgn walau seribu?”
    Keren tuh!

    Salam Damai!

  22. Kaboel says:

    Nantinya pikiran perempuan dilarang membayangkan hal-hal romantis tentang pria, tidak boleh ini itu uta uti atu. Untuk membayangkan perlu lapor …………. Ketika menyebut Brad Pitt itu ganteng ya, bisa dihukum. Hukuman buru-2 dicabut ketika dibilangin, Brad Pitt itu suami saya, apalagi dia sudah muallaf.

  23. Kaboel says:

    Atau tukang ojeknya juga wanita, biar wanita mengangkut wanita. Jadi, tidak menyalahi aturan. Begitu kan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: